banner-1

Hukrim

ACC: Aparatur Hukum Harus Independen, Bukan Menjadi Alat Politik Kelompok Tertentu

Makassar, metrotimur.com -Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi memintab Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel harus menjadi aparat penegak hukum yang sesungguhnya. Jangan sampai aparat penegak hukum justru menjadi alat politik.

Direktur Riset dan Data Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Wiwin Suwandi menelisik gejala tersebut pada kasus korupsi yang tengah disidik Direktorat Reskrimsus Polda Sulsel yang melibatkan nama Wali Kota Makassar, Ramdhan Danny Pomanto.

“Polda harus menjaga independensi, jangan jadi alat politik kelompok tertentu. Aparat penegak hukum jadilah sebagai aparat penegak hukum yang sesungguhnya. Jangan berbalik menjadi alat politik pihak pemesan,” tutur Wiwin, Senin, (01/01/2018).

Dikatakan Wiwin, pengusutan dugaan korupsi dan markup pengadaan pohon Ketapang dirasa ACC Sulawesi amat dipaksakan. Gejala ini terlihat dengan giat penyidik di kasus tersebut meski hingga saat ini mereka belum memiliki dua alat bukti cukup.

Alat bukti itu, kata Wiwin salah satunya hasil audit kerugian negara yang dilakukan lembaga berwenang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Menurut audit BPK, tidak ada kerugian negara. Sehingga kami kemudian menduga ada hal yang tidak beres. Patut diduga kasus ini dipaksakan,” tegas Wiwin.

Wiwin selanjutnya mengingatkan agar seluruh aparatur penegak hukum di Indonesia, jangan sampai sampai dijadikan alat politik bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Tak hanya menuding adanya tendensi politik pada kasus yang disidik, Wiwin selanjutnya meminta agar Polda kembali fokus menyelesaikan tunggakan kasus mandek yang belum dilimpahkan ke pengadilan.

Diantaranya Korupsi lahan bandara Mengkendek, kasus korupsi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sulsel, Ditjen Cipta Karya PU-PR, kasus dugaan korupsi Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Enrekang.

Tunggakan kasus operasi tangkap tangan (OTT) saber pungli di berbagai tempat namun yang dilimpahkan atau selesai hanya 7 kasus padahal ada 50 kasus yang terjadi sepanjang tahun 2016-2017. (*)

Baca juga :  Pengelolah Bank Sampah Terbaik Dapat Kado Tahun Baru
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top