banner-1

Hukrim

Appi – Cicu Hadirkan Anggota Dewan, Majelis Hakim: Keterangan Palsu Hukumannya 9 Tahun Penjara

Sidang sengketa Pilwalkot Makassar (PT TUN)

Makassar, metrotimur.com – Kuasa hukum Appi – Cicu pada sidang keempat yang akan digelar di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) sulsel, Jum’at (9/3/18) dalam pengambilan keterangan saksi dan fakta akan mengahadirkan anggota dewan Makassar.

Pada sidang selanjutnya ketua majelis hakim Edi Supryanto, SH.MH memberi kesempatan kepada kuasa hukum Appi – Cicu untuk mengadirkan saksi selanjutnya.

Sebelumnya pada sidang pengambilan keterangan saksi dan fakta, Rabu (7/3/18), Ketua Majelis Hakim, Edi Supryanto mengingatkan kepada saksi Appi – Cicu, kesaksian akan ada sanksi pidana jika memberi keterangan palsu atau bohong.

“Jadi saya ingatkan kepada saksi, kesaksian anda disidang ini harus jujur sesuai dengan fakta, karena anda telah melalui sumpah kitab suci. Ada dua sanksi hukum yang menanti ketika bohong atau memberi keterangan palsu, yakni, sanksi hukum pidana selama 9 tahun prnjara dan sanksi atas sumpah dibawah kitab suci yang anda imani, ” kata Edi Supryanto, Rabu (7/3/18).

Kuasa hukum Appi – Cicu, Habibi, kepada majelis hakim menyampaikan pihaknya akan menghadirkan 6 orang saksi beberapa diantara saksi yang akan dihadirkan, Kuasa hukum Appi – Cicu kepada majelis hakim pihaknya juga akan mengahadirkan saksi ahli dan anggota dewan makassar, namun permohonan Kuasa hukum Appi – Cicu untuk menghadirkan saksi ahli ditolak oleh Ketua Majelis Hakim.

“Pihak penggugat harus konsisten untuk menghadirkan saksi fakta dulu, bukan saksi ahli, sidang ini harus adil, pihak tergugat (KPU) kan belum menggunakan haknya yaitu menghadirkan saksi faktanya, jadi saksi ahli itu dihadirkan setelah pihak tergugat (KPU) menggunakan juga haknya, ” tegas Hakim Ketua Edi Supryanto, kepada Kuasa Hukum Appi – Cicu.

Baca juga :  Kawal Perjuangan DIAmi, ARA: Demokrat Setia Hingga Akhir

Kuasa hukum Appi – Cicu saat dikonfirmasi mengatakan, “Karena Majelis hakim menyarankan untuk tidak menghadirkan saksi ahli maka kami akan hadirkan 4 orang saksi diantaranya ada saksi dari anggota Dewan Makassar, ” kata Habibi kepada awak media, Rabu (7/3/18) digedung PT TUN Sulsel, jalan A.P. Pettarani Makassar.

Terkait saksi dari anggota Dewan Makassar yang akan dihadirkan oleh Appi – Cicu , Habibi mengatakan kalau pihaknya baru akan berkoordinasi siapa nantinya saksi dari anggota Dewan Makassar.

“Belum ada, siapa saksi sari anggota dewan, baru kami akan koordinasikan siapa anggota Dewannya, ” kata Habibi, Rabu (7/3/18).

Sebelumnya Ketua Majelis Hakim menyampaikan kepada kuasa hukum Appi – Cicu terkait anggota saksi dari anggota dewan makassar mengenai kapasitasnya.

“Anggota dewan yang anda akan hadirkan harus jelas kapasitasnya, ia datang atas nama pribadi ataukah atas nama anggota dewan, kalaupun atas nama lembaganya, maka harus jelas kedudukannya, sebagai anggota dewan atau pimpinan Dewan, jadi harus jelas yah..!!, ” kata Edi Supryanto, kepada kuasa hukum Appi – Cicu. (Ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top