banner-1

Peristiwa

Arus Hulu ke Hilir Tertolak, Waduk Antang dan Kanal Induk Luapkan airnya Ke Ruas Jalan

Luapan Air Waduk Antang Manggala

Makassar, metrotimur.com – Intensitas hujan yang turun beberapa hari, Waduk Antang dan kanal induk milik Balai Pompengan tidak mampu menampung buangan air dari arah anak sungai yang berasal dari je’ne berang yang terletak di pesisir wilayah selatan Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala.

Dari pantauan sampai berita ini diturunkan luapan air waduk Antang dan kanal induk milik Balai menutupi separuh jalan yang ada di Kelurahan Bitowa dan Kelurahan Borong Kecamatan Manggala.

Fenomena luapan air waduk Antang dan Kanal induk yang berbatasan langsung dengan anak sungai aliran Je’ne Berang tidak seperti tahun kemarin. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang penangkap ikan di waduk Antang.

“Tidak seperti biasanya pak, jika musim hujan air waduk Antang tidak sampai meluap sampai ke jalan, sepertinya pasang di muara sangat tinggi bisa jadi juga ada luapan air sungai di pesisir utara Makassar tepatnya di kelurahan Manggala di daerah perbatasan Maros, Gowa dan Makassar, ” kata Dg. Rowa, jum’at pagi (22/12/17).

Kanal Induk yang terletak di Perbatasan Kel. Bitowa dan Kel. Borong Kecamatan Manggala

Dari pantaun air Kanal induk yang ada di perbatasan Kelurahan Bitowa dan Kelurahan Boring yang menjadi terusan ke Sungai Sinrijala nampak tenang, tidak menunjukkan aktifitas air mengalir. Nampak terlihat dua ruas jalan yang ada disamping kanal induk terendam air setinggi 50 cm, ketinggian tersebut dibuktikan sejumlah kendaraan roda dua terhenti dan mesin mati diakibatkan air luapan kanal masuk kedalam mesin motor pengguna jalan.

Para pemandu kendaraan yang berdiri disepanjang ruas jalan waduk tunggu sampai ke ujung jalan tembus ke Jalan Poros Borong Raya nampak sibuk mengarahkan pengendara baik itu pengendara mobil maupun motor untuk menghindari roda kendaraan masuk kedalam bibir waduk dan Kanal induk, bahkan sebagian pemandu juga nampak sibuk mendorong kendaraan roda dua yang mesin motornya mogok akibat masuknya air dirumah mesinnya.

Baca juga :  BPBD Makassar Salurkan Pakaian dan Selimut Bagi Korban Genangan Air Manggala

Salah seorang warga kompleks Puri Taman Sari Kelurahan Borong , Ridwan (40), yang datang menyaksikan fenomena luapan air Waduk Antang dan Kanal induk senada dengan apa yang dikatakan oleh Dg.Rowa jika luapan air yang terjadi di Waduk Antang dan Kanal induk karena pasang di hilir kemungkinannya sangat tinggi.

“Kemungkinan pasang di muara sangat tinggi sehingga akses air kanal menuju ke hilir tertolak, denga tertolaknya air waduk menuju hilir, ini juga berdampak pada drainase sekunder yang ada dilingkunga warga, akhirnya terjadilah genangan, pasalnya air got juga tidak bisa mengalir ke Kanal induk, ” terang Ridwan. (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top