Peristiwa

Asap Tebal, 4 Titik Gunung Sampah di Manggala Terbakar

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Kebakaran Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Antang menimbulkan asap tebal yang menyebar ke areal permukiman disekitarnya, ahad (15/9/19).

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran bermula dari percikan api kecil disalah satu titik gunung sampah di TPA Antang, kejadian itu disaksikan oleh salah seorang pemulung yang sedang beroperasi dititik awal percikan api.

“Saya coba padamkan karena masih kecil ji apinya, tapi tidak lama kemudian langsung bertambah besar, ” kata seorang perempuan  yang berakivitas sebagai pemulung di gunung Sampah TPA Antang.

Dari keterangan warga lain disekitarnya mengatakan bahwa kebakaran terlihat sekitar jam 11. 30 Wita siang tadi, ahad (15/9/19). Tidak selang beberapa lama atas informasi yang diterima oleh Dinas Kebakaran Kota Makassar, kemudian bergerak melakukan pemadaman. Namun sampai berita ini diturunkan, api masih terus menyala dan menimbulkan asap yang tebal.

“Saya kebetulan bertugas di posko Damkar di Kecamatan Manggala, saya kemudian melaporkan ke Mabes Damkar untuk mengirimkan bantuan mobil pemadam, ” kata Hidayatullah Ketua Regu Damkar Kecamatan Manggala, ahad (15/9/19).

Dari keterangan Hidayatullah, ada 4 blok gunung sampah yang terbakar, untuk jumlah armada yang sudah diturunkan sampai sore hari ini ada 11 armada Mobill Damkar.

“Sudah 11 armada, dan kami juga meminta kepada Mabes Damkar untuk menyiapkan Damkar yang stay di lokasi TPA guna menjaga kemungkinan yang tidak kita inginkan, ” terangnya.

Saat dikomfirmasi terkait koordinasi dengan OPD terkait soal antisipasi dari asap tebal yang akan berdampak kepada warg disekitarnya, Danru Damkar Manggala, Hidayatullan serahkan kepada unsur pimpinan.

“Soal koordinasi penanganan warga itu urusan pimpinan diatas, kami padamkan apinya, “kunci Hidayatullah. (Ron)

Baca juga :  Antisipasi Terjadinya Kebakaran, Danny: Peran RT/RW Harus Jadi Ujung Tombak
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top