banner-1

Hukrim

Bawaslu: 13 Legislator Pendukung Appi – Cicu Diam – Diam Mengakui Kesalahannya

Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Pemilu Kota Makassar(Muh.Maulana SH, MH)

Makassar, metrotimur.com – Kasus 13 legislator Makassar menjadi prioritas issu yang akan di bawa oleh Bawaslu provinsi dalam Rakor Bawaslu RI dan Rakor sentra Gakkumdu RI.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Bawaslu Kota Makassar, Muh. Maulana SH, MH, rabu (18/4/18).

“Issu pelanggaran 13 anggota dewan Makassar akan dibawah ke Rakor Bawaslu RI dan Gakkumdu RI dalam waktu dekat ini, ” kata Maulana.

Pasalnya kata Maulana, sampai detik ini pihak Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Makassar belum juga menyerahkan jawaban surat rekomendasi pelanggaran/penindakan 13 anggota dewan yang dilayangkan kepada BKD. Menurut Maulana, tidak ada yang salah dengan pandangan kami (panwas), yang menilai unsur pidana yang di lakukan oleh 13 legislator tersebut.

“Kami juga belum mengetahui apa yang menjadi alasan BKD sehingga tidak ingin membalas rekomendasi tersebut, padahal sangat jelas pelanggaran yang dilakukan oleh 13 Dewan tersebut semua unsur, alat bukti, itu terpenuhi, dengan jelas berkampanye diareal Gedung Pemerintah, ” terang Maulana.

Foto: 13 legislator Makassar (GAS Appi – Cicu) 

Kemudian lanjut Maulana, Anggota Dewan tersebut juga sepertinya tidak peduli dengan pemanggilan – pemanggilan yang kami (Panwas) sudah lakukan berdasarkan peraturan hukum yang harus kami lalui. Tetapi, prilaku 13 Anggota Dewan tersebut telah diam – diam mengakui kesalahannya.

“Prilaku ini sedikitnya menunjukkan kami dua hal. Pertama sikap legislator ini merupakan pengakuan diam-diam bahwa perbuatannya salah. Kedua sikap tersebut menunjukkan tidak di hargainya upaya penegakan hukum pemilu yang di lakukan oleh panwaslu, ” ungkap Maulana.

Maulana menambahkan, “Pada intinya, sikap 13 legislator Makassar tersebut yang tidak mempedulikan undangan klarifikasi kami (Panwas) adalah sikap yang tidak terpuji dan menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum pemilu, tambahnya. (Sqd05).

Baca juga :  Indira Tanam Cabai Di Taman PKK Kompleks Pesona Prima Griya Bangkala
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top