banner-1

Makassar

Bedah Rumah Nenek Lija di Tamamaung Ditangani Tim Desain Unhas dan Komunitas Arsitek

Makassar, metrotimur.com – Desain rumah Siti Halija warga Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang di tangani Tim desain dari Unhas dan Komunitas Arsitek ( Arkom).

Menurut DR. Ikhsan selaku tim desain dari Unhas mengatakan, selain desain yang akan kita tampilkan buat rumah nenek Lija, banyak hal yang harus terlebuh dahulu kita perhatikan.

“Untuk desain rumah nenek Lija kita mulai dari meninjau tekhnis kesehatan lingkungan, karena di areal rumah bawah rumah nenek Lija banyak kubangan, jadi tentu kita selesaikan juga problem lingkunganya, kemudian kita mengakomodir desain rumah yang berbasis kebutuhan penghuninya, ” kata DR. Ikhsan, Kamis (28/12/17).

Proses awalnya sambil kita lakukan penelitian lingkungan dan kebutuhan penghuninya, untuk hari ini, Kamis (28/12/17) kita lakukan pembongkaran terlebih dahulu sambil memperbaiki sanitasi termasuk menimbun kubangan – kubangan air yang ada dibawah kolom rumah nenek Lija sehingga ketika nenek Lija dan keluarganya masuk dan menggunakan air, air buangannya itu langsung menuju daerah drainase, buka. mengendap atau tergenang lagi dibawah rumahnya, terang DR. Ikhsan.

Lanjut DR. Ikhsan, setelah sanitasi kita sudah perbaiki selanjutnya kita akan lakukan pembangunan atau perbaikan sesuai dengan desain yang sementara di buat oleh dari Tim Arkom. Untuk material itu berasal dari Dinas Pemkot terkait ( Dinas Perumahan) dan swadaya masyarakat yang menyalurkan bantuannya.

“Jadi selain bantuan materi dari Dinas Perumahan dan bantuan swadaya dari masyarakat, beberapa bahan bekas dari rumah nenek Lija yang masih layak untuk di gunakan kita juga akan gunakan, ” kata DR. Ikhsan.

Adapun keterlibatan dari Tim desain Unhas dan Arkom merupakan kerja sama dengan Pemkot Makassar dalam hal bagaimana mewujudkan rumah layak huni bagi warga yang berpenghasilan rendah, jadi seperti rumah nenek Lija sifatnya sosial atau gotong royong. Bahkan dalam gotong royong rehabilitasi rumah nenek Lija para RT/ RW dan komunitas peduli sosial seperti FKKM Kota Makassar yang diketuai Imran, Satgas dari Dinsos juga dari satgas Kelurahan setempat ikut terlibat dalam proses pembongkaran rumah nenek Lija, terang DR. Ikhsan.

Baca juga :  Gabung di Partai Nasdem, Danny: Saya Sejalan Dengan Konsep Restorasi

Sambil proses rehabilitasi rumah nenek Lija, untuk sementara nenek Lija dan keluarganya kita pindahkan ke salah satu rumah kontrakan yang dekat dari rumah nenek Lija, sewa kontrakan rumahnya juga tidak dibebankan sama nenek Lija sampai rumah nenek Lija selesai di rehabilitasi, Kata DR. Ikhsan.

Sekadar diketahui, pasca kunjungan Walikota Makassar Danny Pomanto beberapa hari yang lalu, melihat kondisi rumah nenek Lija yang tidak layak huni, Danny Pomanto langsung menginstruksikan SKPD terkait untuk segera menyalurkan bantuan. (Fhr).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top