banner-1

Makassar

Benteng Fort Rotterdam Jadi Target Konservasi Ikatan Arsitek Indonesia

Makassar, metrotimur.com – Hari ketiga pelakasanaan City and Civilization Convention Architecture, yang di gelar Hotel Four Point by Sheraton oleh Ikatan Arsitek Indonesia, hari ini melakukan kegiatan konservasi cagar budaya di Benteng For Rotterdam, Jum’at (7/4/17).

Hadir mewakili Walikota Makassar dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Makassar, Ir. Fathur Rahim.

Studi lapangan yang di lakukan oleh Ikatan Arsitek Indonesia di Benteng Fort Rotterdam tujuannya untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah yang terkandung di dalamnya khususnya untuk lebih mengenal lagi struktur bangunan yang terus bertahan meskipun perkembangan jaman moderenisasi dengan konsep bangunan yang yang lahir di jaman ini, Benteng Rotterdam terus bertahan.

IMG20170407133609

Ada dua jenis kegiatan yang dilaksanakan oleh IAI yakni melakukan identifikasi fisik dan Signifikansi bangunan Benteng Fort Rotterdam.

Diketahui Benteng Fort Rotterdam merupakan bangunan sejarah yang di kenal di seluruh penjuru Dunia sampai saat ini masih tetap menjadi icon bagi Indonesia, khususnya di Sulawesi selatan.

Dalam kesempatan itu, Kadis DPKP, Ir.Fathur Rahim, mewakili Walikota Makassar, mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Ikatan Arsitek Indonesia telah menjadikan Benteng Rotterdam sebagai objek studi Konservasi Cagar Budayanya, ungkap Fathur Rahim.

Dalam sambutanya, Kadis DPKP memaparkan, ” bahwa kota Makassar merupakan kota sejarah yang berskala dunia, salah satu bukti nyata ialah Benteng Fort Rotterdam, dimana kita ketahui sejarah yang terkandung didalam Benteng Fort Rotterdam tidak hanya para pelaku sejarahnya saja, namun Bangunan Benteng Fort Rotterdam juga sudah menjadi icon bagi Kota Makassar, bahkan Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu kawasan pariwisata bagi Tourism luar maupun lokal , Sambut Fathur Rahim. (Ron)

Baca juga :  Prof. Jimly Assiddiqie ingatkan ASN
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top