banner-1

Hukrim

Beredar Foto Perbedaan Hasil Perhitungan Suara KPU di Tamalate, Panwaslu Makassar Angkat Bicara

Makassar, metrotimur.com – Beredarnya data hasil perhitungan perolehan suara sah di TPS 06 di Kelurahan Bontoduri Kecamatan yang diduga dari hasil kecurangan di Kelurahan Bontoduri Kecamatan Tamalate mendapat respon dari Panwaslu Kota Makassar.

“Laporan dan foto sudah kami terima, kami sudah lihat data hasil perhitungan yang berbeda yang ada di TPA 06 Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate, dengan perhitungan yang ditampilkan dilayar perhitungan KPU, ” kata Humas Panwas Makassar, Muh.Maulana, jum’at (29/6/18).

Sekedar diketahui, berdasarkan foto dugaan kecurangan hasil perhitungan di TPS 06 kelurahan Bontoduri Kecamatan Tamalate atas perolehan suara paslon Appi – Cicu dan Kolom Kosong. Berdasarkan hasil perhitungan KPU yang beredar Appi – Cicu memperoleh suara sah 238 suara, sementara Kolom Kosong memperoleh suara 1 (satu) suara.

Namun dari hasil CI.Plano.KWK yang menjadi perbandingan perbedaan perolehan suara sah, Paslon Appi – Cicu memperoleh suara 94 suara dan Kolom kosong memperoleh suara sah sebanyak 138 suara.

Kalau dilihat perbandingan dari foto perolehan C1. plano. KWK yang dengan hasil perhitungan KPU yang beredar sangat jauh berbeda yang beredar memang sangat berbanding terbalik. Menurut Maulana, meskipun ini masih sifatnya beredar di media sosial, tetapi tetap akan menjadi catatan Panwas.

“Jadi tetap akan jadi catatan dan kajian dan kami juga akan melakukan pencocokan dengan data yang kami rekap di TPS tersebut, ” terang Maulana.

Saat dikonfirmasi, apakah data C1 yang direkap oleh pihak KPU dan Panwas memiliki kesamaan jumlah disetiap TPS, Maulana mengatakan, bahwa data C1 hasil perhitungan ditingkat TPS hasilnya sama apa yang kami dapatkan dan petugas KPU.

“Hasil jumlahnya sama, tidak bisa berbeda, mulai jumlah DPT, Suara sah dan tidak sah, karena data yang kami rekap sama dengan apa yang direkap oleh KPU, tidak mungkin berbeda karena mengambil hasil ditempat yang sama dan masyarakat juga dimungkinkan juga punya dokumentasi hasil akhirnya, ” terang Maulana.

Baca juga :  Danny Dapat Surprise Dari Tim Futsal Humas Pemkot

Jadi kalau foto perbandingan perbedaan jumlah perolehan suara ini benar, maka tentu akan menjadi catatan kami, pasalnya kami juga sudah kroscek memang sangat jauh berbeda, bahkan bukan hanya posisi siapa yang menang di TPS tersebut, tetapi angkanya juga sangat jauh berbeda, tapi semoga saja foto yang beredar tersebut tidak benar, kata Maulana.(Ri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top