W3.CSS
Home

Besok, Maudu Lompoa Ri Mangkasara Digelar

MAKASSAR,METRO – 400 Sekolah tingkat SD dan SMP Se Makassar akan pawai bakul maulid yang berisi telur hias dalam memeringati Hari maulid Nabi yang digelar dalam perayaan ‘Maudu Lompoa Ri Mangkasara, Senin 12 Desember 2016 di anjungan pantai Losari.

DR Pantja Nurwahidin, Mpd Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan kota Makassar, mengungkapkan kesiapan
400 untuk membawa bakul dalam. Merayakan maulid nabi Muhammad tersebut.

“Kegiatan ini menjadi syiar agama dan budaya penyatuan antara misi dakwah dibungkus memperkenalkan tradisi budaya makassar.”ungkap Pantja saat rapat pemantapan panitia, sabtu 10 Desember lalu.

Kegiatan yang dibuat Lembaga Sosial KTI Warga kita bersama Dinas Pendidikan Makassar dan Pemkot Makassar ini mengangkat suatu akulturasi kebudayaan terhadap pengaruh agama Islam.

“Kita melihat sisi budayanya di mana tradisi orang Makassar yang sudah beragama Islam kala itu kemudian membuat perayaan Maudu Lompoa, yang ciri khasnya dengan barazanji dan aneka bakul telur yang dihiasi warna-warni,” ujar Noval Makmur.

Tambahnya, Pabbaranzanji yang akan dihadirkan sebagai acara puncaknya berjumlah 888 orang. Dan acara penutupan dengan acara berebutan telur dan songkolo warna warni

Mukbil M Nur ketua Lembaga Sosial KTI Warga Kita mengungkapkan kesiapan acara ini sudah 90% dan dibackup full pemkot.

“Seluruh SKPD akan ikut membawa bakul, parkiran untuk menjaga ketertiban akan ditangani Satpol PP Makassar, dan menjaga kebersihannya oleh dinas kebersihan, ” pungkasnya.(*)

Baca juga :  TPA Bintang 5 Berpeluang Masuk Skema KPBU
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top