banner-1

Makassar

Cegah Dampak Asap TPA, Lurah Manggala Rangkul KKLP STIMIK Handayani Peduli Kesehatan Warga

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Selain menggandeng pihak Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terkena dampak asap TPA Antang, Kelurahan Manggala juga melibatkan para mahasiswa dari STIMIK Handayani Makassar, senin (15/10/18).

Selama terjadinya kebakaran yang terjadi pada tumpukan sampahTPA Antang, sejumlah wilayah yang berbatasan langsung dengan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) warga Kota Makassar terkena dampak asap akibat kebakaran tersebut.

Sebagai Quick respon dari pihak UPTD Sampah Antang dan pihak Kecamatan, Kelurahan dan pihak Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Manggala, sejauh ini upaya yang dilakukan adalah mengambil langkah pencegahan dan penanganan akan efek dari tebaran asap yang menyebar di wilayah yang bisa menganggu kesehatan warga sekitar.

Seperti hari ini, dari 8 Kelurahan ada 4 Kelurahan yang berbatasan langsung dengan TPA Antang, yakni, Kelurah4an Tamangapa, Kelurahan Biring Romang, Mangggala dan Kelurahan Bangkala, turun bersama tim medis dari masing – masing Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan dengan cara membagikan masker dan obat kepada warga.

Untuk Kelurahan Manggala, dari keterangan Lurah Manggala, Andi Ansar, selain tim medis dari Puskesmas, pihak Kelurahan Manggala juga menggandeng para Mahasiswa dari STIMIK Handayani Makassar dan RT turun membagikan alat kesehatan dalam bentuk masker.

“Jadi tadi pagi kita turun dengan tim medis dari Puskesmas sampai siang, sore ini, pak RT dan sejumlah Mahasiswa STIMIK Handayani turun lagi membagikan maskee kepada warga, ” kata Andi Ansar, Lurah Manggala, senin (15/10/18).

Dari keterangan salah satu mahasiwa STIMIK Handayani mengatakan, bahwa giat pembagian masker kepada warga,  adalah atas kerjasama dengan pihak Kelurahan Manggala.

“Kami dari STIMIK Handayani turun karena kami juga peduli dan Lurah Manggala mensupport kami, ” kata Basri, koordinator KKLP STIMIK Handayani Makassar.

Baca juga :  Danny Apresiasi Festival Kampung Budaya dan Seni di Paropo

Sementara itu salah satu Ketua RT yang ada di Kelurahan Manggala, Rahmatullah Ketua RT 05, mengatakan, ia bersama RT lainnya juga turut serta bergabung dengan mahasiswa KKLP STIMIK Handayani membagi masker kepada warga.

“Keluhan warga terkait asap dari TPA memang setiap saat disampaikan kepada kami, tentu sudah menjadi tanggung jawab kami untuk meneruskan ke pihak Pemerintah, Alhamdulillah sejak kemarin respon itu turun dan sampai saat ini kita terus menyalurkan alat berupa masker sebagai langkah awal pencegahan penyakit akibat asap yang berasal dari TPA Antang, “kata Rahmatullah, Ketua RT 05 RW 06 Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, senin (15/10/18).

Untuk kepulan asap yang berasal dari TPA Antang, Rahmatullah berharap, pemerintah Kota segera mengambil langkah untuk memberikan solusi dalam menangani kemungkinan terjadinya kebakaran yang sama di TPA Antang.

“Menurut saya, kebakaran yang terjadi di TPA Antang tersebut, bukan baru kali ini, tapi sudah beberapa kali pernah terjadi sebelumnya, kebakaran itu juga terjadi itu pun biasanya tiba – tiba, apalagi bertepatan dengan musim kemarau. Yang kami ketahui dari informasi, bahwa kadar gas metan sudah mulai matang, nah saya beranggapan, kebakaran itu akibat ada proses panas dari tumpukan sampah ditambah lagi dengan suntikan panas dari gas metan, kira – kira seperti itu gambarannya, ” kata Rahmatullah.(Ri).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top