banner-1

Makassar

Dana BOS Tak Kunjung Cair , Ada Apa di Provinsi…??

Makassar, metrotimur.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar Ismunandar mempertanyakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang tak kunjung cair dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Idealnya dana BOS cair pada Januari 2017 namun hingga Maret tahun ini tak ada tanda – tanda dari Dinas Pendidikan Provinsi bakal mencairkan dana yang menjadi hak seratusan sekolah tingkat SD dan SMP di kota Makassar.

Kadisdik Ismunandar telah berulang kali menyurat ke Kadisdik Sulsel mempertanyakan kejelasan pencairan dana BOS. Oleh Dinas Pendidikan Sulsel dijelaskan jika tersendatnya pencairan dana BOS diakibatkan keterbatasan SDM.

“Orang yang biasanya bertanggung jawab mengurusi pencairan dana BOS bertugas ke luar daerah,” kata Kadis Ismunandar (27/03/2017).

Akibat tersendatnya pencairan dana BOS, tiga puluh sekolah di Makassar terhambat proses belajar mengajarnya. Sekolah harus mengalami pemutusan sambungan listrik karena tidak mampu membayar tagihannya.

Sekolah – sekolah di Makassar tidak diperbolehkan menarik iuran dari siswa ataupun orang tua siswa kecuali sumbangan yang sifatnya sukarela dan disetorkan ke nomor rekening yang jelas serta pengelolaannya harus transparan.

Biaya operasional sekolah – sekolah di Makassar sepenuhnya bergantung pada pencairan dana BOS termasuk membayar gaji guru honorer yang jumlahnya ribuan.

Kini, nasib sekolah – sekolah dan guru honorer di Makassar berada dalam ketidakjelasan menanti pencairan dana BOS dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang tak jelas kapan akan dibayarkan.(**)

Baca juga :  Amanat Upacara HUT Sulsel ke 348, SYL Puji Danny
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top