W3.CSS
Makassar

Danny Dukung Deteksi Dini Kanker Payudara

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyatakan dukungannya terhadap deteksi dini kanker payudara. Hal itu diungkapkannya saat membuka seminar sehari Deteksi Dini Kanker Payudara di Amirullah, Sabtu, (14/05/16).

seminar sehari Deteksi Dini Kanker Payudara di Amirullah, Sabtu, (14/05/16).

Seminar sehari Deteksi Dini Kanker Payudara di Amirullah, Sabtu, (14/05/16).

Penulis: Ronny

METROTIMUR–Menurut wali kota berlatar arsitek itu, sejak dua tahun lalu warga Makassar telah menikmati layanan pemeriksaan jantung (EKG) gratis lewat program Dottorotta yang juga dikenal dengan istilah home care atau telemedicine. Suatu layanan kesehatan mobile yang menjangkau warga hingga ke lorong – lorong. Jumlahnya mencapai 48 unit yang tersebar di 46 Puskesmas se – kota Makasaar.

“Program home care telah diadaptasi oleh pemerintah pusat. Kami ingin meningkatkan pelayanannya. Jika mammografi dapat dibuat mobile dan online Dottorota bisa dilengkapi dengan itu,” ungkap Danny.

Diketahui, mammografi merupakan scanning yang menggunakan sinar x yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan dalam betuk terkecil yang sering disebut mikroklasifikasi. Tingkat akurasinya mencapai 90% dalam mendeteksi kanker payudara.

Alat itulah nantinya yang akan melengkapi layanan Dottorota jika dapat dioperasikan secara mobile dan online. Sementara itu, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar menuturkan, di antara semua jenis kanker yang ada, penderita kanker payudara memiliki tingkat harapan hidup paling tinggi. “Artinya, kanker payudara itu bisa disembuhkan,” optimis Linda.

Senada dengan Linda, Direktur Rumah Sakit Kanker Dharmais, Prof dr Abdul Kadir menyampaikan, kanker payudara dapat disembuhkan jika penanganannya tepat, “Kalau sudah ada tanda – tanda segera periksakan ke dokter agar bisa dicegah meningkat ke stadium lanjut,” jelas Kadir.

Informasi deteksi dini kanker payudara perlu disosialisasikan ke masyarakat agar masyarakat mendapatkan pengetahuan dan mampu mencegahnya.

Baca juga :  Puluhan Warga Lansia di Kecamatan Manggala Mengikuti Vaksinasi

Seperti yang dituturkan Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, “Sosialisasi itu perlu agar masyarakat kita paham, dan mampu mendeteksi gejala awal dari kanker payudara. Hal ini penting untuk pencegahan dengan menghindari faktor pemicunya,” terang Indira.

Seminar Sehari Deteksi Dini Kanker Payudara adalah kali kedua digelar oleh TP PKK kota Makassar, Pemerintah kota Makassar bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top