banner-1

Makassar

Danny Motivasi Mahasiswa IMM

Makassar,metrotimur.com – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memotivasi mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu, 5 April 2017.

Dalam motivasinya, Danny menyampaikan kepada mahasiswa IMM jika manusia adalah khalifah di bumi yang dapat dibuktikan dengan lafaz Basmalah, di dalamnya ada pendelegasian Allah SWT kepada manusia. Basmalah diucapkan setiap kali mengawali kegiatan.

Mahasiswa, lanjut Danny, harus membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan. “Mahasiswa calon – calon pemimpin di masa depan harus memiliki bekal untuk memenuhi tanggung jawab kepemimpinannya di masa depan,” kata Danny.

Bekal yang dimaksud Danny adalah kemampuan adaptif, solutif atau mampu memecahkan berbagai persoalan, berdoa, dan meminta restu orang tua.

Kemampuan adaptif membuat pemimpin dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan tuntutan zaman. Keberhasilan seseorang dalam memenangkan persaingan ditentukan dengan kemampuan beradaptasi dengan perubahan.

Pemimpin yang baik juga harus mampu memberikan solusi dari persoalan yang dihadapi. Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah ditentukan dari sedalam apa pemahaman seorang pemimpin terhadap persoalan yang dihadapi.

Referensi pemecahan masalah diperoleh dari pengalaman, latar belakang pengetahuan, sosial, dan kultural yang dimiliki. Referensi itulah yang nantinya menuntun seorang pemimpin dalam mengambil keputusan.

“Pemimpin itu cermin masyarakat. Hal untuk mengukurnya sangat sederhana, dilihat dari bagaimana hubungannya dengan pencipta dan bagaimana hubungannya dengan sesama manusia, utamanya kehidupan sosial atau bertetangga. Jika ia pribadi yang baik maka akan disenangi banyak orang,” pungkas Danny.(*)

Baca juga :  Nenek Marawiah Hidup Sebatang Kara Tanpa Bantuan Pemerintah.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top