banner-1

Makassar

Danny Paparkan Konsep Kota Baru Melalui Beranda Pak RT

Makassar, metrotimur.com – Walikota Makassar Ir.Moh.Randgan Pomanto memaparkan konsep Kota Baru yang ada di Wilayah Kecamatan Manggala dan Kecamatan Manggala akan di berikan keistimewaan tersendiri.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri kegiatan ” Beranda Pak RT ” yaang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Nusantara IV Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala dengan menghadirkan para ketua RT/RW , Penasehat Walikota Bidang RT/RW , LPM , para tokoh Masyarakat dan pemuda Sekecamatan Manggala yang diselenggarakan di Kelurahan Tamangapa Kecamata Manggala, Rabu (11/10/17).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Makassar, Ir. Moh.Ramdhan Pomanto, Kepala BPM , Iskandar Lewa, Kepala RRI Nusantara IV Makassar, Nawir , S.Sos, Camat Manggala, Ansar Umar dan Para Lurah Sekecamatan Manggala.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka mendengar langsung apa yang menjadi masukan atau aspirasi RT/ RW , khususnya di bidang infrastruktur.

Dalam sambutan Walikota Makassar mengatakan, ” Infrastruktur perbatasan memang merupakan sebuah keharusan bagi sebuah kota seperti Makassar yang relatif begitu padat dan sibuk , karena persoalan didalam kota Makassar ini adalah urbanisasi. Maka perbatasan – perbatasan ini harus dilengkapi agar orang tidak mesti masuk kota, sehingga orang – orang seputaran Makassar, cukup saja misalnya seperti di Manggala orang yang masuk sampai di Manggala saja ,” Kata Danny Pomanto.

Menurut Danny Pomanto , Pemkot Makassar sudah mengusulkan ke Kementrian Keuangan melalui KPBU( Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha) , bagaimana kita membuat satu konsep satu Kota baru yang perencanaanya hampir rampung.

“Konsep kota baru akhir Desember tahun ini 2017 kita akan lounching disekitar danau Balang Tonjong, itu sudah menjadi janji saya kepada masyarakat, sementara kita siapkan sudah siapkan ke KPBU dan alhmdulillahbsudah masuk didaftar sebagai target rencana kerja Pemerintah Pusat, ” terang Danny Pomanto.

Baca juga :  Sukseskan F8, Wali Kota Danny Gandeng BP2M

Kemudian kata Danny, selain dari konsep kota Baru yang akan kita buat didaerah perbatasan , kita juga akan berikan keistimewaan , misalnya disektor retribusi, jika ada kewenangan Walikota yang diatur dalam peraturan untuk mengeluarkan kebijakan seperti discount atau memberikan keringanan, menurut Danny ia akan melakukan itu.

“Bukan hanya konsep kota baru , tetapi jika ada kewenangan yang mengatir soal keringanan untuk sektor retribus mala saya akan melakukan itu ,” Kata Danny Pomanto.

Selanjutnya, kata Danny, “Kesempatan Kota Makassae untuk membangun kotanya lebih baik lagi itu ada pada wilayah Kecamatan Manggala. Maka aspek ke tata ruangan ini menjadi bagian penting supaya kita jangan mengikuti kawasan – kawasan yang sudah terlanjur kumuh. Olehhnya diharapkan kepad Lurah dan Camat IMB harus betul – betul diperhatikan, ” Kata Danny.

Diketahui juga, bahwa diKecamatan Manggala ini akan dibangun satu industri moderen tentang pengeloaan sampah, dimana sampah ini nanti akan diolah menjadi sebuah pembangkit listrik tenaga sampah ( PLTSa).

“Jadi Manggala ini nanti punya potensi, walaupun di konsep tata ruang itu adalah pemukiman, tetapi dengan adanya TPA itu bisa berpotensi untuk mensuplai ke industri , ” ungkap Danny.

Dan dari kajian para pakar energi , jika potensi energi TPA itu busa mencapai 200 megawatt, maka itu setara dengan tenaga listrik yang ada di Kabupaten Je’ne Ponto.

“Artinya Manggala juga pusat energi dan Manggala menjadi bahagian yang sangat penting bagi Kota Makassar, ” terang Danny.

Danny menambahkan, Manggala selama ini hanya dikenal dengan TPA nya, sapi ternaknya , tetapi sampai dimasa pemerintahan DIA yakni 2019, Pusat energi tersebut akan terwujud, tutup Danny Pomanto. (Icc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top