banner-1

Makassar

F8 Hasil Kreativitas Yang Membawa Dampak Positif Bagi Perekonomian Yang Luas

Makassar, metrotimur.com -Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 merupakan hasil kreativitas, seni, dan budaya manusia, F8 tidak lagi sekadar saling berebut mahkota kemeriahan, namun juga memberikan dampak besar pada perekonomian yang sangat luas.

Tulisan ini merangkum dampak ekonomi dari pentas F8 bertaraf internasional berdasarkan fakta yang ditemukan semenjak F8 berjalan.

Dampak F8 pada Perekonomian
Dalam dunia modern sekarang ini, F8 bukan hanya menjadi acara seremoni atau instrumen untuk dipertontonkan, F8 memiliki dimensi yang lebih luas, termasuk hiburan, gengsi, kebanggaan individu, masyarakat, negara, serta sarana meraup keuntungan finansial.

Dari informasi yang berhasil dihimpun sirkulasi uang yang beroperasi semenjak hari pertama sampai hari kedua pelaksanaan F8 sudah menncapai angka 5 miliar, sumbernya dari beberapa sektor, namun yang mendominasi dari transaksi kuliner.

Tidak sampai disitu saja, jasa transportasi juga ikut diuntungkan dengan pagelaran F8 salah satu diantaranya, yakni, para pekerja jasa ojek online dan jenis jasa transportasi roda empat.

“Kami bersyukur dengan adanya pagelaran F8 yang dilaksanakan oleh Pemkot Makassar, dari pendapatan harian saya, biasanya hanya dapat sampai 150.000 ribu, namun dengan adanya F8, sejak pembukaan sampai hari kedua, saya berhasil mendapat penghasilan 800.000 ribu, ” Kata Edi, salah satu joki ojek online, (7/9/17).

Oleh karenanya tidak mengherankan jika F8 bertaraf internasional, seperti event yang hanya menjadi pusat perhatian para penggemar saja, namun F8 ini menjadi perhatian pemerintah dari beberapa Negara , mengingat potensi keuntungan yang bisa diraih dari berbagai faktor, mulai dari hak siaran televisi, sponsorship, penginapan/hotel, makanan-minuman, destinasi wisata, hingga transportasi.

Secara umum terdapat dua horizon waktu terkait dengan dampak penyelenggaraan F8 pada perekonomian, yakni jangka pendek (ketika kontes F8 berlangsung), dan jangka panjang (setelah pergelaran F8 selesai). Secara detil, dampak-dampak tersebut bisa digambarkan dibawah ini.

Baca juga :  DTRB Siap Menjadi Garda Terdepan Menyelamatkan Fasum Fasos

Yang termasuk dampak jangka pendek diantaranya:
penjualan barang konsumsi (makanan dan minuman).
hunian penginapan/hotel.
transportasi massa, terkait dengan ongkos transportasi yang dibayar oleh penonton.
spot-spot wisata yang ada disekitar kawasan kota Makassar.

Penjualan barang dagangan, baik yang terkait langsung dengan F8 maupun yang berhubungan dengan ciri khas area/kota Makassar.
lapangan kerja baru, meskipun bersifat sementara (temporary).

Sementara dalam jangka panjang, pengaruh penyelenggaraan F8 antara lain berupa menjadi lebih dikenalnya area/kota tempat diselenggarakannya F8 yakni Kota Makassar, sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata, membuka peluang untuk menjadi tuan rumah event-event berskala internasional lainnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dari hari pertama sampai hari kedua pegelaran F8, sirkulasi transaksi dari beberapa sektor yang ada di wilayah pegelaran F8 mencapai angka 5 miliar.

Kemudian tumbuhnya minat pada generasi muda setempat terhadap kesenian dan kebudayaan 4 (empat) etnis di Sulawesi Selatan yang dipertontonkan, sehingga berpotensi memunculkan bibit-bibit generasi yang menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal. Ini akan menjadi investasi bagus bagi kota Makassar secara khusus dan Sulsel secara umum.

Berikutnya, seiring dengan perkembangan Kota Makassar, maka meningkat pula kunjungan pariwisata. Peranan media massa sangat penting untuk ikut mempromosikan spot-spot pariwisata di Sulsel khususnya di Kota Makassar itu sendiri selama perhelatan F8 berlangsung.

Dari dampak – dampak positif itulah kemudian F8 yang merupakan inovasi dari Walikota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto, telah mendapat legitimisi dari pemerintah pusat (Mendagri) masuk dalam kalender Nasional. (Ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top