banner-1

Hukrim

Fakta Sidang, Partai Pengusung Appi – Cicu Tidak Pernah Melakukan Keberatan Atas Penetapan DIAmi

Kuasa Hukum Appi - Cicu (PT TUN)

Makassar, metrotimur.com – Dalam sidang ke – 4 gugatan Appi – Cicu di PT TUN sulsel terhadap KPU Kota Makassar, Kuasa Hukum Appi – Cicu hadirkan 4 orang saksi fakta salah satu diantaranya berasal dari anggota Dewan Makassar, Supratman dari Partai Nasdem, jum’at (9/3/18).

Dari keterangan empat orang saksi fakta yang dihadirkan oleh kuasa hukum Appi – Cicu yakni Supratman anggota frasksi Nasdem sebagi saksi dari unsur DPRD Makassar, M.Tuafiq Hidayat (mantan Ketum JDP), Askari dari unsur Ketua RW dan Saharuddin juga dari unsur Komunitas JDP, berdasarkan fakta sidang keempat saksi tersebut mengakui bahwa gugatan 3 (tiga) point yang diajukan oleh Appi – Cicu memang tidak pernah dilakukan keberatan.

“Jadi fakta sidang tadi jelas, bahwa ke empat saksi fakta Appi – Cicu tersebut memang tidak mengetahui ada laporan ataupun melaporkan kepanwas terkait tiga point gugatan Appi – Cicu ke PT TUN, ” kata Marhuma Majid, Kuasa hukum KPU Kota Makassar, Jum’ at (9/3/18).

Pada sidang ke 4 pengambilan keteranhan saksi Appi – Cicu, Kuasa Hukum KPU kota Makassar merasa sangat diuntungkan dari seluruh keterangan saksi – saksi yang pernah dihadirkan oleh Appi – Cicu termasuk pada sidang ke 4 hari ini yang juga menghadirkan salah satu saksi dari unsur DPRD Makassar yang juga merupakan dari partai pengusung Pasangan Appi – Cicu.

“Jadi pada dasarnya mereka mengakui kalau tiga point gugatan Appi – Cicu tidak pernah menjadi objek sengketa sampai hari ini, jadi saya rasa keterangan saksi – saksi tersebut memperkuat SK KPU tentang penetapan sebagai calon tetap pasangan Danny Pomanto – Indira Mulyasari di Pilwalkot Makassar 2018, menurut Marhuma Majid, penetapan tersebut telah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sah secara hukum, ” terang Marhuma Majid.

Baca juga :  Sidang Kode Etik Menanti, Ahli Keuangan: Camat Berpotensi Dijerat Pasal Pemalsuan Dokumen

Terkait saksi dari Unsur DPRD Kota Makassar dari Partai Nasdem yakni Supratman juga mengakui, bahwa pada penetapan Paslon di KPU ia hadir namun ia tidak masuk dalam ruangan rapat pleno penetapan, tetapi ia mengetahui bahwa penetapan tersebut berjalan dengan lancar.

“Nah, Partai Nasdem kan sebagai partai pengusung, ini terbukti bahwa penetapan tersebut sah secara hukum dan telah dilegitimasi dengam penandatanganan berita acara tanpa ada kebertan dari pihak manapun termasuk dari seluruh partai pengusung Appi – Cicu, ” kata Marhuma Majid.

Marhuma Majid menambahkaa, dari keterangan saksi dan fakta sidang, sangat jelas bahwa tidak ada satupun pihak yang melakukan keberatan atau pernah melaporkan termasuk semua partai Pengusung Appi – Cicu, baik sebelum penetapan maupun pada hari penetapan paslon DIAmi pada tanggal 12 februari 2018 di gedung KPU Kota Makassar, olehnya apa yang menjadi gugatan Appi – Cicu dengan saksi – saksi yang dihadirkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan pokok perkara yang diajukan, kunci Marhuma Majid. (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top