banner-1

Makassar

Gelombang ke – 2, Tumpangi KM Lambelu, 600 jiwa Korban Bencana Alam Palu Tiba di Kota Makassar

Kadis Sosial DR. Mukhtar Tahir

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Sebanyak 600 jiwa korban bencana gempa bumi dan tzunami tumpangi Kapal Motor Lambelu sekitar Pukul 22.00 Wita, Kamis malam (4/10/18).tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

600 jiwa tersebut merupakan gelombang kedua yang tiba di Kota Makassar, sebelumnya, pada siang tadi atau gelombang pertama, sebanyak 1. 609 jiwa yang tiba di Makassar disambut langsung oleh Mentan Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Pada gelombang ke 2 yang tiba di Makassar, Kadis Sosial Makassar, Muktar Tahi hadir dan menyambut kedatangan 600 korban bencana alam Palu.

“Untuk gelombang ke 2 ini totalnya ada 600 jiwa, sebelumnya atau siang tadi itu sebanyak 1.609 jiwa, semuanya kita akan antar ke asrama haji sudiang, ” kata Muktar Tahir, dipelabuhan Soekarno Hatta Makassar, kamis malam (4/10/18).

Untuk pengungsi yang masuk ke Makassar kita kumpulkan di Asrama Haji Sudiang terlebih dahulu. Adapun untuk dipindahkan ke tempat pengungsian lainnya, para pengungsi kita data terlebih dahulu.

“Jadi kuta kumpulkan dulu di Asrama Haji, itupun kewenangan Pemerintah Provinsi, kita di Pemkot hanya melakukan pendataan, misalnya jumlah pengungsi yang masuk, kemudian kesehatannya, berapa jumlah yang akan meninggalkan Makassar setelah tiba di Makassar atau berapa yang akan tinggal sementara sampai pulih, jadi aturannya kita data dulu, adapun untuk ditempatkan dipengungsian diluar Asrama Haji, itu kewenangan Pemprov, ” terang Muktar Tahir.

Misalnya kata Muktar Tahir, tempat pengungsian yang ada di Kompleks Pesona Prima Griya Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala yang siap menerima pengungsi, itu bisa diarahkan kesana, tetapi setelah kita data dan pihak Pemprov menyetujui.

Baca juga :  Forum Masa Depan : Danny Pomanto Mutiara Bagi Kami

“Jadi besok setelah didata, silahkan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi, tugas kami dari pihak Pemmot hanya membeckup, ” tutup Muktar Tahir. (Ri).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top