banner-1

Politik

Gugatan Appi – Cicu Bersifat Asumsi, Berikut Jawaban KPU Kota Makassar..!!

Sidang jawaban KPU Kota Makassar( PT TUN)

Makassar, metrotimur.com – Kuasa hukum KPU Kota Makassar menilai gugatan Appi – Cicu yang diajukan di PT TUN sifatnya hanya memakai asumsi tanpa disertai alat bukti administrasi hukum yang sah.

Hal tersebut disampaikan (dibaca) dihadapan majelis hakim yang di Ketuai oleh Edi Supryanto, SH.MH pada sidang kedua materi jawaban pihak tergugat KPU Kota Makassar atas gugatan Appi – Cicu, yang digelar di Gedung Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) sulsel, Jalan A. P. Pettarani, Makassar, Selasa (6/3/18).

Berdasarkan fakta sidang dalam pembacaan jawaban dan petitum Kuasa hukum KPU Kota Makassar mengatakan, gugatan pihak Appi – Cicu hanya bersifat asumsi tanpa disertai dengan kajian administrasi hukum.

Dalam jawaban Kuasa Hukum KPU yang dibacakan oleh Marhuma Majid mengatakan, bahwa gugatan Appi – Cicu hanya berupa asumsi dan tidak pernah dilaporkan kepada Panwas Kota Makassar sebelumnya sampai pada batas waktu yang ditetapkan oleh UU Nomor 10 tahun 2016 juncto Perbawaslu Nomor 14 tahun 2017.

Kemudian lanjut Marhuma Majid dalam jawabannya menyampaikan, gugatan Appi – Cicu terkait 3 (tiga) materi gugatannya tersebut, ketiga gugatan Appi – Cici tersebut tidak ada keputusan pengadilan yang bersifat hukum tetap tentang penyalahgunaan kewenangan serta pada kegiatan penyerahan Handphone kepada RT/RW sekota Makassar, pengangkatan pegawai tenaga kontrak terbatas yang merupakan program kerja yang diprogramkan 6 (enam ) bulan sebelum penetapan pasangan calon, kemudian untuk tagline dua kali tambah baik yang juga menjadi point gugatan, itu bukan bagian dari program tetapi hanya merupakan simbol penyemangat kerja pemkot Makassar, maka gugatan penggugat berdasar hukum untuk ditolak secara keseluruhan.

Petitum, berdasarkan alasan di atas tersebut (jawaban), pihak Kuasa hukum KPU Kota Makassar, memohon kepada majelis hakim untuk menjadikan putusan sebagai berikut : Menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya, bahwa semua keputusan, berdasarkan surat keputusan KPU Kota Makassar tentang surat penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota pada pemilihan walikota dan wakil walikota Makassar tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 12 februari 2018 adalah sah dan berdasar hukum.

Baca juga :  DPD PAN Makassar Segera Bentuk KPPD

Kemudian dalam jawaban lainnya Kuasa Hukum KPU Kota Makassar menyampaikan, bahwa penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar sebagai calon tetap telah melalui semua prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara dan UU dan dibawah pantauan Panwas Kota Makassar, mulai dari syarat verifikasi jumlah dukungan, administrasi dukungan dan verifikasi faktual bagi pasangan Danny Pomanto – Indira Mulyasari yang menempuh jalur independent.

Selanjutnya, setelah proses dilalui oleh kedua calon walikota dan wakil walikota, KPU Kota Makassar, tepatnya pada tanggal 12 februari 2018 di Gedung KPU Kota Makassar, Jalan Perumnas Antang Manggala digelar rapat pleno penetapan kedua pasang calon ( Appi – Cicu dan DIAmi) sebagai peserta tetap pada pilwalkot Makassar 2018 yang dihadiri oleh masing – masing pihak kandidat yang ditetapkan dan disaksikan oleh Pihak Panwas Kota Makassar. Pada penetapan tersebut sebelum penanda tanganan berita acara penetapan, Komisioner KPU Kota Makassar, Abdulla Mansur terlebih dahulu membacakan point syarat dimana kedua kandidat dianggap telah memenuhi syarat hukum secara menyeluruh.

Kemudian, sebelum penetapan dilakukan oleh KPU Kota Makassar untuk kedua calon tetap pada pilwalkot Makassar 2018, pihak KPU Makassar terlebih dahulu meminta tanggapan kepada Panwas Kota Makassar dan pihak kedua kandidat untuk mengajukan keberatan bilamana ada yang dianggap tidak sesuai. Dari fakta penetapan tersebut kedua belah pihak dari kandidat dan Panwas Kota Makassar, tak satupun yang mengajukan keberatan dan dilaksanakan penandatanganan berita acara penetapan oleh kedua belah pihak kandidat yang disaksikan oleh Panwas Kota Makassar. (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top