banner-1

Pemerintahan

Hadirkan Bau Wangi, Wali Kota Danny Apresiasi Program Gammara’na Manggala

Makassar,  metrotimur.com  – Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengapresiasi inovasi Gerakan Masyarakat Menanam Tanaman Harum dan Wangi (Gammara’na Manggala) yang diinisiasi oleh Plt Camat Manggala, Andi Fadly.

Program Gammara’na Manggala yang merupakan inovasi dari Plt Camat Manggala, Andi Fadly,  mendapat respon positig dari Wali Kota Makassar dan Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail.

Dalam sambutannya asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Makassar, Sittiara, mewakili wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyampaikan apresiasinya terhadap terobosan pemerintah Kecamatan Manggala dengan diluncurkannya program Gerakan Masyarakat Menanam Tanaman Harum Wangi (Gammara’na Manggala).

“Ini inovasi yang cemerlang, Kecamatan Manggala kita ketahui adalah wilayah yang menjadi spot akhir dari pembuangan sampah dari seluruh wilayah Kota Makassar. Inovasi Gammara’na Manggala dengan metode penanaman tanaman yang berbau harum dan wangi, tentu menjadi solusi dalam menepis sekaligus bisa mengamputasi bau tak sedap yang timbul karena sampah TPA, ” sambut Asisten II mewakili Wali Kota Makassar, senin (6/8/18).

Adapun jenis tanaman yang menjadi pilihan untuk ditanam diseluruh wilayah Ke amatan Manggala melalu inovasi Gammara’na Manggala yakni, tanaman jenis bunga melati, sedap malam, Mawar, Pandan wangi dan pohon Kamboja. Dari 8 Kelurahan yang ada di kecamatan Manggala diestimasi sebanyak 2400 pohon akan ditanam, khusus untuk areal TPA sendiri, jenis pohon harum yang akan ditanam yakni Pohon Kamboja.

Harapan Wali Kota Makassar, dengan lahirnya inovasi Gammara’na Manggala, diharapkan  pihak Kecamatan lainnya untuk bisa menerapakan penanaman dengan jenis tanaman sesuai dengan kebutuhan dengan wilayah masing – masing.

“Jadi tanaman yang berbau harum ini fungsinya selain untuk menepis bau tak sedap, dengan program Gammara’na Manggala ini juga salah satu strategi dalam memenuhi kebutuhan Kota Makassar dalam menciptakan runag terbuka hijau yang dibutuhkan oleh warga Kota Makassar, ” Kata Sittiar

Baca juga :  F8 Membawa Berkah Bagi Bank Sampah Mekar Swadaya

Lanjut Sittiara, Harapannya, inovasi ini penerapannya bukan hanya di Kecamatan Manggala saja, tetapi semua Kecamatan wajib untuk menerapkan penanaman tanaman yang berbau harum, ” tutup Sittiara.

Dalam kegitan Lounching Gammara’na Manggala turut hadir, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, sejumlah Plt Camat, Lurah dan RT/RW, Kapolsek Manggala, Danramil Panakukang – Manggala, para ketua LPM Sekecamatan Manggala dan Ketua FK LPM Kecamatan Manggala terpilih dan para pengusaha (CSR) yang berdomisili di Kecamatan Manggala. (fhr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top