banner-1

NEWS

Idap Psikosis, Janisah Dipasung 7 Tahun Oleh Anak Kandungnya

MAKASSAR- Janisah seorang ibu berusia 48 tahun, selama 7 tahun mendekam dalam rumanya. Untuk berjalan keluar rumah pun untuk bercerita dengan tetangganya tak pernah dilakukan, lantaran dia dipasung oleh saudara dan anak kandungnya sendiri.

Selama 7 tahun Janisah tak pernah melihat dunia luar, hanya terduduk terpasung dalam kediamannya yang berada di Jalan Tamangapa Raya III, Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala.

Hal itu terungkap ketika salah seorang warga yang berstatus Kader Posyandu KR (43) menyampaikan kepada petugas Home Care Puskesmas Bangkala saat mengikuti sosialisasi tentang Home Care.

Mendengarkan cerita tersebut, Hajrah salah seorang petugas Home Care baru mengetahui jika di wilayah tersebut ada wanita yang terpasung selama 7 tahun karena mengidap penyakit psikosis

“Kami baru mengetahui setelah mendapatkan laporan dari kader posyandu, kalau di Jalan Tamangapa Raya III ada seorang perempuan yang mengidap penyakit psikosis dan terpasung sudah sekitar 7 tahun,”ujarnya.

Berselang tak lama, Hajrah bersama dengan tim Home Carenya, bergerak kerumah Janisah sesuai dengan data dari kader posyandu tersebut untuk melihat langsung keadaan Janisah. Para tim Home Care tersebut heran melihat keadaan yang di alami Janisah dengan keadaannya dan pergelangan kedua kakinya terikat rantai besi dan ujung rantainya di tanam kedalam tanah dengan cor tembok.

“Mendengar laporan tersebut kami dari tim Home Care Puskesmas Bangkala langsung menuju ke kediaman Janisah, Kami juga kaget melihat keadaan ibu itu, bukan di pasung dengan kayu, tapi kedua kakinya di rantai dengan rantai besi dan ujung rantainya di cor semen ke lantai,”Kata Hajrah.

Lanjut Hajrah mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyayangkan dengan keadaan ibu Janisah yang tak pernah di laporkan ke pihak Puskesmas atas penyakit yang diderita oleh ibu paruh baya tersebut, keluarganya lebih memilih memasung kedua kakinya karena kualahan untuk mengurusnya.

Baca juga :  Empat Pejabat Makassar Disumpah di Baruga Anging Mammiri

” Kami sangat sayangkan kenapa baru sekarang kami di beri tahu, Keadaan ibu Janisah sangat memperihatinkan, kami juga sudah memberi obat. Setelah kami melakukan pemeriksaan dan memberi obat, Salah satu warga juga menyampaikan kalau di sekitar rumah Janisah ,ada juga seorang pemuda yang bernama Ramli ( 27) juga mengidap penyakit Psikosis, ” Ungkap Hajrah.

Didalam wikipedia dijelaskan bahwa Psikosis adalah gejala gangguan mental berat di mana seseorang kehilangan kemampuan untuk mengenali realitas atau berhubungan dengan orang lain dan mereka biasanya berperilaku dengan cara yang tidak tepat dan aneh.

Psikosis muncul sebagai gejala dari sejumlah gangguan mental, termasuk gangguan suasana hati (mood) dan gangguan kepribadian, skizofrenia, halusinasi, delusi, katatonia dan penyalahgunaan zat.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top