Makassar

IKA Smapat Pusat Makassar Bantu Korban Banjir Sulsel

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Pasca sehari musibah banjir melanda Sulsel, Ikatan Alumni SMAN 4 Makassar (IKA Smapat Pusat Makassar) bergerak cepat merespon kejadian itu.

Seperti pengalaman saat musibah tsunami dan likuifaksi meluluh-lantakan kota Palu, IKA Smapat Pusat Makassar langsung merespon dengan kegiatan donor darah untuk korban Palu, pembentukan Posko di kota Makassar dan Palu, serta distribusi bantuan ke kota Palu.

Pengalaman itu menjadi modal, sehingga respon banjir Sulsel bisa bekerja secara cepat, tepat, dan terstruktur. Satu hari pasca banjir (23/1), IKA Smapat buat posko di sekretariat jl. Boulevard Panakukang Mas Ruko Zamrud Blok C1-3 Makassar.

Hari itu juga terkumpul bantuan dari alumni Smapat. Bahkan, IKA Smapat membuat list donasi untuk bantu korban banjir.

“Aksi sosial memang roh kegiatan kami. Mulai dari sunatan massal, pasar murah, pemeriksaan kesehatan gratis, sumbangan perlengkapan Masjid, penyediaan fasilitas sekolah, dan donor darah menjadi kegiatan rutin per tiga bulan,” urai Asmaeny Azis, Ketua Harian IKA Smapat Pusat Makassar.

Selama empat hari berturut-turut, mulai Kamis (24/1) hingga hari Minggu ini, IKA Smapat tak henti mendistribusikan bantuan kepada korban banjir.

Mulai dari pakaian bekas, air mineral, mie instat, beras, obat-obatan, popok bayi, perlengkapan mandi, yang berasal dari sumbangan alumni Smapat, semuanya langsung dibawa ke lokasi banjir.

Lokasi yang disisir untuk distribusi bantuan diantaranya, jalan Bung, Daya, Biringkanaya, Tamalanrea, Toa Daeng Manggala, dan Mapala Desa Bontobinanga Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah, bantuan dari alumni Smapat berupa pakaian, makanan, mie instat, dan uang tunai yang dibelanjakan bahan pokok kebutuhan, sudah kami salurkan semua melalui empat tahapan pengiriman. Sore ini (27/1) di Bontobinanga, Gowa, tahap akhir. Namun, hingga saat ini bantuan terus mengalir di sekretariat. Bantuan yang tersisa, kami akan distribusikan kembal. Terima kasih buat seluruh pihak yang terlibat, semoga menjadi catatan amal bagi semuanya,” pungkas bu Eny, sapaan akrab Ketua Harian IKA Smapat Pusat Makassar. (red)

Baca juga :  Walikota Danny Harapkan Warga Makassar Doakan WNI di Madinah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top