banner-1

Pemerintahan

Inovasi Pemkot ” TEMEN PACAR ” Hadir MC Expo 2017

Apartemen Pasca Bencana Makassar " TEMEN PACAR "

Makassar, metrotimur.com – Sebagai salah satu bentuk implementasi tanggung jawab sosial Pemerintah terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana alam, Pemerintah Kota Makassar menciptakan satu inovasi sebagai bentuk perhatian atau quick respons dengan memberikan fasilitas hunian yang disebut ” Apartemen Pasca Bencana Makassar ” yang disingkat ” TEMEN PACAR “. ahad (21/5/17).

Apartemen Pasca Bencana Makassar yang di singkat “TEMEN PACAR” tersebut lahir sebagai sarana hunian yang sifatnya sementara khusus bagi korban bencana warga Kota Makassar, lahirnya inovasi ” TEMEN PACAR ” adalah menjadi sebuah jawaban bagi Pemerintah dalam menangani kebutuhan warga yang menjadi korban bencana , seperti, Korban Kebakaran dan Banjir.

Dengan beberapa kejadian atau bencana yang terjadi di Kota Makassar seperti kebakaran, Pemkot Makassar terus berusaha untuk memberikan perhatian kepada masyarakat untuk terus menghadirkan pelayanan dan perhatian yang tinggi.

Menyikapi kejadian bencana alam tersebut, Pemkot Makassar langsung bertindak cepat, dengan menciptakan sebuah hunian tanggap darurat yang di beri nama Apartemen Pasca Bencana Makassar ( TEMEN PACAR ). Tujuan lahirnya inovasi ” TEMEN PACAR ” ialah untuk mengakomodasi kebutuhan para korban bencana alam yang sifatnya instant tanpa harus menunggu proses – proses yang panjang.

Apartemen Pasca Bencana Makassar ” TEMEN PACAR ” adalah serangkaian kegiatan atau fasilitas yang di lakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan akibat bencana, dimana fasilitas ” TEMEN PACAR ” juga meliputi kegiatan penyelematan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan pengurusan pengunsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.

Kemudian ” TEMEN PACAR ” selain untuk bagi korban bencana ” TEMEN PACAR ” juga sifatnya multifungsi, selain sebagai shelter bagi korban pasca bencana, TEMEN PACAR juga berfungsi sebagai Posko Pemantau diwilayah masing – masing, kemudian juga berfungsi sebagai tempat pelayanan Kesehatan/klinik dan juga berfungsi sebagai media sosial bagi masyarakat Makassar.

Baca juga :  Meski Puasa Satgas Drainase PU Tetap Semangat

” TEMEN PACAR ” ini memilik spesifikasi yang berbahan Kontainer dengan ukuran 20 feet yang mempunyai dimensi P 6,058 x L 2,438 x T 2,591 meter dan terdiri dari 2 lantai dan memiliki fasilitas teras sistem Knock down ( bongkar pasang).

Rencana pembuatan dan penempatan ” TEMEN PACAR ” tersebut, Pemkot Makassar berencana akan menempatkan 15 unit untuk 15 kecamatan yang ada di kota Makassar, tujuannya adalah, jika terjadi bencana dalam wilayah tersebut, korban pasca bencana bisa lebih cepat terlayani khususnya sebagai tempat pengunsian tanpa harus menunggu fasilitas seperti tenda, sehingga seluruh stakeholder terkait yang menangani korban bencana hanya fokus dalam penyediaan kebutuhan yang pokok seperti makan minum ataupun obat – obatan ataupun bantuan lainnya.

Kemudian “TEMEN PACAR ” juga bisa berpindah – pindah tempat, ” TEMEN PACAR ” tersebut di rancang dengan di lengkapi roda dan 1 (satu) unit mobil derek , sehingga proses perpindahan kelokasi di sekitaran kejadian bencana lebih cepat.

Apartemen Pasca Bencana Makassar ” TEMEN PACAR ” tersebut juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seprti, kesehatan, selimut, tandu dan tempat tidur lipat, menegenai kapasitas jumlah penghuni yang mampu di tampung setiap 1 (satu) unit ” TEMEN PACAR ” sekitar 16 orang ( dalam posisi tidur) , sementara untuk fasilitas listrik menggunakan tenaga genset dan untuk kamar kecil bangunannya juga di buat terpisah.

Mengenai bentuk kelembagaannya Apartemen Pasca Bencana Makassar ” TEMEN PACAR ” akan di di tempatkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berasal dari beberapa stakaholder terkait dan akan di tempatkan di setiap kecamatan yang ada di kota Makassar, seperti, Dinas Sosial, Dinas kesehatan, BPBD dan Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DP – KP ) Kota Makassar.

Baca juga :  Peserta Diklatpim IV Belajar Pengelolaan Bank Sampah

Tim Reaksi Cepat ” TEMEN PACAR ” akan diberi kewenangan untuk melakukan selain sebagai Tim evakuasi juga akan diberikan kewenangan untuk melakukan kegiatan kaji cepat bencana dan dampak bencana, serta memberikan dukungan pendampingan dalam rangka penanganan darurat bencana yang ada di 15 Kecamatan di Kota Makassar.

Selanjutnya TRC ” TEMEN PACAR ” juga memiliki struktur organisasi standar yang menganut satu komando dengan mata rantai dan garis komando yang jelas dan memiliki satu kesatuan komando dalam mengkoordinasikan kepada instansi/lembaga dan OPD terkait.

Inovasi Apartemen Pasca Bencana Makassar ” TEMEN PACAR ” tersebut atas kerjasama Center of Technologi JK CENTER Faculty Of Engeneering Unhas dengan Pemkot Makassar melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Makassar, yang di agendakan akan di tampilkan di acara MC EXPO 2017 di anjungan Pantai losari Makassar pada tanggal 22-24 Mei 2017.(ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top