banner-1

Makassar

Jadwal Pelantikan RT/RW Telah Ditentukan

Pakaian Seragam, LPM, RT/RW dan Penasehat Walikota

Makassar, metrotimur.com – Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sekretariat Kota Makassar telah menentukan jadwal pengukuhan seluruh Ketua RT/RW terpilih hasil Pilkara, Februari lalu.

Rencana pengukuhan 4.972 Ketua RT, dan 988 Ketua RW berlangsung di Lapangan Karebosi, Sabtu (26/8) akan datang. Pengukuhan ini juga serentak dilaksanakan bersama 153 Ketua LPM dan3.919 penasehat wali kota di bidang RT/RW.

“Rencana pengukuhan 26 Agustus. Konsep sudah ada dilakukan salat subuh berjamaah dilanjutkan pengukuhan,” kata Kasubag Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Syafran AP.

Pengukuhan akan disertai dengan penyerahan smart phone atau telepon genggam secara simbolis oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, terang Syafran.

Akan tetapi BPM segera akan rapat koordinasi bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk penerapan aplikasi Smart RT/RW termasuk aturan kepemilikan smart phone nantinya.

Sementara terkait dengan seragam putih, hijau dan merah sebagai pakaian dinas ketua RT/RW dan LPM ditargetkan rampung hingga tanggal 20 Agustus mendatang.

Kata Syafran, termasuk papan nama dan kodefikasi RT/RW di masing-masing wilayah kecamatan.

Kepala BPM Sekretariat Kota Makassar, Muh Iskandar Lewa menegaskan, pendistribusian seragam akan dipercepat.

Meski diakuinya sementara masih dalam proses pengiriman yang dilakukan pihak ketiga.

“Sudah ada empat kecamatan seragamnya akan tiba hari ini (malam tadi). Yakni kecamatan Sangkarrang, Wajo, Mariso dan Ujung Pandang. Tanggal 20 Agustus targetnya seragam sudah ada di Makassar,” pungkas Daeng Emba sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, mengenai pembagian smart phone akan dikoordinasikan lebih lanjut bersama bidang aset, bagian perlengkapan dan Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Makassar.

Dimana diketahui, jika smart phone tersebut nantinya tercatat sebagai aset milik pemerintah yang melekat di masing-masing kecamatan.

Baca juga :  Kemana...!!! Dana Komite Rp169 juta Untuk Lahan Parkir SMA 12 Makassar

“Kita juga menunggu kartunya dari dinas kominfo dan tata cara penggunaan aplikasi smart RT/RW. Senin depan kita rapat termasuk membahas soal distribusi smart phone jangan sampai terbentur dengan aturan,” kata Daeng Emba.

Pada rapat pekan depan akan dibahas mengenai aturan pendistribusian smart phone. BPM berharap format berita acara penyerahan smart phone seragam di masing-masing kecamatan.

“Termasuk membahas aturan jika smart phone itu mengalami kerusakan. Dan aturan kepemilikan smart phone akan diatur, bagaimana jika ketua RT/RW mengundurkan diri atau tidak menjabat lagi, smart phone dikembalikan sebagai aset dan diserahkan kepada ketua RT/RW pengganti. Ini harus jelas ditandatangani oleh mereka saat penyerahaan smart phone,” jelasnya.

Dia menambahkan, pengukuhan ini tidak hanya bagaimana berlangsung ceremonial saja, tetapi memili arti dan hikmah jika ketua RT/RW adalah garda terdepan dalam melayani masyarakatnya dengan baik.

“Ketua RT/RW pada dasarnya sudah mulai bekerja. Meski pengukuhannya terlambat, mereka sudah memiliki SK untuk mulai bekerja pascapelantikan,” tambah Daeng Emba.(*/BD)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top