banner-1

Hukrim

Kejari Makassar Temukan Titik Lahan Fasum Fasos Yang Beralihfungsi

Kajari Makassar (Dicky Rahardjo)

Makassar, metrotimur.com – Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Dicky Rahmat Raharjo mengatakan, saat ini timnya masih melakukan pendalaman ke beberapa pihak, terkait fasum fasos Pemkot Makassar yang telah beralih fungsi.

Saat ditemui di kantor Kejari Makassar, Senin (2/4/2018), Dicky mengungkapkan, data awal yang diterima tim Kejari Makassar hingga kini belum akurat. Hal ini dibuktikan dari hasil investigasi Tim Kejari.

“Ada beberapa instansi yang sudah kita minta keterangan yang terkait dengan penanganan lahan. Dinas Pertanahan, BPN, BPKAD, bahkan sama bagian hukum Pemkot,” ujar Dicky.

Kendala utama yang ditemui tim investigasi Kejari Makassar ialah, karena beberapa lahan yang disebut merupakan fasum dan fasos Pemkot dibuatkan SK pada tahun 1988 silam.

Dicky juga menerangkan, dari akurasi keterangan beberapa instansi yang diperiksa juga berbeda-beda. Tetapi ia mengatakan, kesamaan keterangan dari beberapa instansi Pemkot menyebut, memang benar ada peralihan fungsi fasum fasos yang dijadikan sebagai lahan pribadi.

“Satu-satunya kesamaan memang telah terjadi peralihan. Tinggal kita memastikan apakah peralihan ini bersifat nonhukum ataupun merugikan negara, ini yang sedang kita pastikan,” imbuh Dicky.

Lebih lanjut Dicky menyebut, ada lahan yang seharusnya untuk lokasi Dinas Pemadam Kebakaran, tetapi dialihkan menjadi lokasi perorangan. Namun ia belum mau memberitahu detail tempat lahan tersebut. Ia hanya memastikan, Kejari saat ini terus bekerja untuk mengungkap apakah pengalihan tersebut melanggar hukum atau tidak.

Sebelumnya, dari informasi yang dihimpun, Kejari menerima 491 fasum dan fasos Pemkot Makassar yang dialihkan sebagai lahan pribadi, oleh kalangan pengusaha maupun anggota DPRD. Ada tiga kecamatan di Makassar yang diduga menjadi tempat pengalihan fasum fasos tersebut. Tiga Kecamatan itu ialah Kecamatan Panakkukang, Manggala, dan Tamalanrea.(*)

Baca juga :  Pekan Depan, KerabatNH Segera Deklarasi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top