banner-1

Makassar

Kembangkan Tenung Khas Makassar, Disdag Gelar Pelatihan Tenun Lontara

Makassar, metrotimur.com – Dinas Perdagangan Kota Makassar menggelar Pelatihan Tenun Lontara bagi Pengrajin Home Industri Kelurahan di Hotel Ramedo jalan Landak Baru.

Hal ini dilakukan Disdag bersama Dekranasda dalam upaya mengembangkan keterampilan masyarakat membuat kerajinan tenun yang mencerminkan kekhasan Kota Makassar yaitu tenun motif lontara, Senin (13/03/17).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten II Pemkot Makassar, Ir. Kusaiyyeng ini berlangsung selama 7 hari, dihadiri 40 peserta dari 8 kecamatan di Makassar. Yakni Kecamatan Mamajang, Ujung Pandang, Mariso, Bontoala, Manggala, Panakkukang, Tamalate, dan Rappocini.

Ketua Dekranasda Makassar, Ibu Hj. Indira Yusuf Ismail bersama beberapa segenap pengurus Dekranasda juga turut hadir dalam pembukaan tersebut. Beliau memberikan semangat kepada peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh dalam menyerap ilmu serta pengetahuan dari narasumber.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Drs. H. Andi Muh. Yasir, M.Si menjelaskan, sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah berkembangnya hasil kerajinan masyarakat Kota Makassar khususnya Tenun Lontara.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan partipasi masyarakat lorong dalam mengembangkan suatu usaha pada bidang kerajinan utamanya tenun lontara yang menjadi ciri khas budaya kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, A Yasir menuturkan bahwa dalam pelatihan ini, pihaknya melibatkan para pengrajin tenun dari Sengkang sebagai instruktur untuk memberikan pelatihan kepada para peserta. “Kemudian setelah pelatihan kita akan langsung memastikan bahwa produktivitas tersebut berjalan,” paparnya.(*/icca)

Baca juga :  Balang Tonjong Masuk Kawasan Khusus, Menteri Keuangan RI Panggil Danny
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top