banner-1

Politik

Ketua DPD PAN Makassar Verifikasi Calon Ketua DPC

METROTIMUR, MAKASSAR – Pendaftaran bakal calon ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se- Kota Makassar secara resmi ditutup hari ini, Selasa (31/1/2017). Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Musyawarah Cabang (Muscab), Muh Umar Kadir melalui saluran telefonnya

Dia mengatakan dari 14 DPC PAN semua telah menyerahkan nama – nama bakal calon ke-Ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid untuk melakukan verifikasi calon formatur.

“Kita tinggal menunggu DPD untuk menetapkan nama-nama, tapi kan sebelumnya dilakukan verifikasi berkas, sebelum menetapkan nama-nama,” kata Ketua bidang POK DPD PAN Makassar ini.

Umar menjelaskan bahwa pemilihan akan dilakukan sesuai kebijakan partai melalui Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) PAN. DPD PAN Makassar akan menetapkan 4 formatur untuk melakukan misyawarah mufakat menyusun struktur partai berlambang matahari terbit ini.

“Secepatnya kita akan lakukan Muscab, setelah diverifikasi dan sudah penetapan formatur kita langsung jadwalkan pelaksanaanya,paling lambat akhir bulan Februari ini ,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, jika ada DPC yang hanya memiliki 3 bakal calon, maka DPD PAN Makassar akan memiliki kewenangan untuk menambahkan satu formatur.

“Tapi kalau tidak ada kesepakatan pada hasil musyawarah, maka DPD PAN akan mengambil alih untuk menunjuk langsung, seperti yang dilakukan DPW (PAN Sulsel),” tandasnya.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Bidang Media dan Informasi Publik PAN Makassar, Syarifuddin. Pihaknya akan menggencot pelaksanaan Muscab sebagai bentuk persiapan verifikasi faktual KPU yang merupakan salah satu prasyarat partai peserta pemilu tahun 2019 mendatang.

“Kita sengaja lakukan percepatan, bulan ini 14 pengurus DPC akan kita rampungkan,  setelah formatur ditetapkan kita berikan waktu 1 sampai 2 minggu untuk melakukan musyawarah mufakat,” tegas Syarifuddin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setiap calon ketua harus menandatagani fakta integritas untuk membuka jaringan baru, minimal 3 orang per-Kelurahaan dan akan dilakukan secara tersistematis hingga tingkat RT dan RW.

Baca juga :  Photo: Mahasiswa Polinas LP3i Bagikan 300 Takjil

Saat ditanya terkait jadwal Muscab, terlebih dahulu pihaknya akan melakuka  rapat dengan melibatkan semua pengurus DPC se-Kota Makassar.

“Tapi jadwal Muscabnya kita akan tentukan pada rapat selanjutnya, karena ini juga masih pada tahapan proses verifikasi, intinya kita target bulan dua semua DPC rampung,” tandasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top