W3.CSS
Makassar

Kolaborasi KPK, JPN dan Tim Aset, Pemkot Makassar Terima Puluhan Miliar Nilai Fasum Fasos

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Komitmen penyelamatan Fasum dan Fasos oleh Tim Aset Makassar, JPN Makassar dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, miliaran nilai fasum fasos resmi diserahkan oleh pengembang kepada Pemerintah Kota Makassar, jum’at (27/12/19).

Penyerahan fasum fasos dilaksanakan di Kantor Lurah Laikang Kecamatan Biringkanaya. Dari keterangan Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, sebanyak tiga titik dengan lokasi dan pengembang yang berbeda, yakni, Fasum Fasos yang berasal dari Perumahan Permata Sudiang 2 oleh pengembang PT.Murtigraha Perkasa Dinamika. Kemudian, Fasum Fasos Perumahan Permata Sudiang 4 oleh Pengembang PT. Murtigraha Perkasa Dinamika dan Fasum Fasos Perumahan Lagosi Home oleh pengembang PT. Jaya Andar Perkasa.

“Jadi ada 3 titik Fasum dan Fasos yang kita terima dari pengembang dengan total nilai rupiah 42.022.624.480 miliar, ” kata Zainal Ibrahim, jum’at (27/12/19).

Pada acara penyerahan fasum fasos tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar dan didampingi oleh Tim Aset Kota Makassar. Zainal Ibrahim juga menyampaikan, ” selain penyerahan PSU (Prasaran, Sarana dan Utilitas) juga dilaksanakan penandatanganan Berit Acara PSU serta penyerahan Sertifikat Asli PSU dari Pengembang kepada Pemkot Makassar, ” kata Zainal.

“Kita juga sudah laporkan kepada Korsupgah KPK RI terkait serah terima fasum fasos yang kita sudah laksanakan hari ini, ” sambung Zainal.

Berikut Rincian Fasum Fasos yang diserahkan oleh pengembang ke Pemkot Makassar;

3. Rincian PSU yang diserahkan pengembang Perumahan Permata Sudiang 2 yang berlokasi di Kelurahan Laikang Kecamatan Biringkanaya, yaitu :
– Luas PSU yang diserahkan adalah 23.754,68 m2 yang terdiri dari jalan, saluran air hujan, taman/sarana ibadah dan 50 titik lampu jalan.
– 5 (lima) buah sertifikat asli.
– Perkiraan Nilai Aset yang diserahkan berdasarkan nilai NJOP setempat adalah Rp.27.246.617.960,- (dua puluh tujuh milyar dua ratus empat puluh enam juta enam ratus tujuh belas ribu sembilan ratus enam puluh rupiah).

Baca juga :  Danny Tegur Provider Telekomunikasi

4. Rincian PSU yang diserahkan pengembang Perumahan Permata Sudiang 4 yang berlokasi di Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya, yaitu :
– Luas PSU yang diserahkan adalah 6.562,41 m2 yang terdiri dari jalan, saluran air hujan, taman dan 14 titik lampu jalan.
– 1 (satu) buah sertifikat asli.
– Perkiraan Nilai Aset yang diserahkan berdasarkan nilai NJOP setempat adalah Rp.3.044.958.240,- (tiga milyar empat puluh empat juta sembilan ratus lima puluh delapan ribu dua ratus empat puluh rupiah).

5. Rincian PSU yang diserahkan pengembang Perumahan Lagosi Home yang berlokasi di Jalan Teduh Bersinar Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Rappocini, yaitu :
– Luas PSU yang diserahkan adalah 4.221,32 m2 yang terdiri dari jalan, saluran air hujan, taman/sarana ibadah dan 10 titik lampu jalan.
– 2 (dua) buah sertifikat asli.
– Perkiraan Nilai Aset yang diserahkan berdasarkan nilai NJOP setempat adalah Rp.11.731.048.280,- (sebelas milyar tujuh ratus tiga puluh satu juta empat puluh delapan ribu dua ratus delapan puluh rupiah).

6. Total keseluruhan nilai aset pada ketiga lokasi perumahan yang diserahkan pengembang kepada Pemerintah Kota Makassar tersebut di atas adalah Rp.42.022.624.480,- (empat puluh dua milyar dua puluh dua juta enam ratus dua puluh empat ribu empat ratus delapan puluh rupiah). (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top