Hukrim

KPK Temukan 27 Fasum Fasos Kota Makassar Dikuasai Pihak Ketiga

JAKARTA, METROTIMUR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan 68 aset bermasalah di Provinsi Sulawesi Selatan. Aset-aset yang bermasalah itu milik Pemkot Makassar dan Pemprov Sulawesi Selatan.

“KPK menemukan ada total 68 aset bermasalah. Terdiri dari 27 aset milik Pemerintah Kota Makassar dan 41 aset milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (3/5/2019).

Febri menyatakan penertiban aset bermasalah itu dilakukan pada 29 April hingga 1 Mei 2019. Febri menyebut aset milik Pemda tersebut bermasalah karena masih dikuasai pihak ketiga hingga pemda tak memiliki bukti kepemilikan.

“Berdasarkan data yang diterima permasalahan aset tersebut disebabkan antara lain karena aset daerah masih dikuasai oleh pihak ketiga, lahan tanah yang dikuasai oleh warga, pembangunan fisik berupa ruko di atas lahan milik pemerintah dan bahkan pemerintah Kota Makassar tidak menyimpan dokumen bukti kepemilikan, salah satunya aset Taman Tello yang saat ini dikuasai oleh warga yang berujung pada saling gugat di jalur hukum,” ucap Febri.

Dalam kegiatan tersebut Tim Korsupgah bersama Pemkot Makassar dan Kejari Makassar melakukan kunjungan ke sejumlah aset yang bermasalah tersebut. Berikut aset bermasalah yang dikunjungi tim KPK:

1. Taman Laguna Losari (dikuasai pihak ketiga)
2. Kawasan Pergudangan Pelita Agro (sebagian dikuasai pihak ketiga)
3. Terminal Regional Daya (sebagian dikuasai pihak ketiga)
4. Pasar Niaga Daya (belum diserahkan pengelolaannya kepada Pemkot Makassar)
5. Perumnas Rumah Sakit (RS) Faisal (belum diserahkan kepada Pemkot Makassar)
6. Fasum Terminal Toddopuli (belum diserahkan kepada Pemkot Makassar yang merupakan kawasan terbuka hijau).

Diketahui sebelumnya, sebanyak 491 titik yang menjadi temuan BPK sepanjang pengungkapan kasus carut marutnya Fasum Fasos di Kota Makasssar. Beberapa wilayah yang diduga beralihfungsi menjadi kepemilikan pribadi di Kota Makassar, Salah satu diantaranya fasum fasos di Kecamatan Manggala diduga kuat sejumlah Ruang Terbuka Hijau dan beberapa Lahan Fasilitas Sosial yang ada di Kecamatan Manggala menjadi catatan dalam dugaan alihfungsi fasum fasos

Baca juga :  Siapa Aktor Alih Fungsi Fasum Fasos Kota Makassar, KPK RI Keluarkan Surat Kuasa Khusus

 

Dilansir oleh detik.com.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top