banner-1

Politik

KPU Polman Gelar Apel Bersama PPDP

Polman, metrotimur.com – Gendang Coklit ditabuh dalam rangka Pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Polewali Mandar Tahun 2018, KPU Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan upacara dan apel bersama, khususnya wilayah 1 Kecamatan Binuang, Polewali dan Anreapi yang dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Sabtu (20/01/2018).

Apel bersama ini, dihadiri Komisioner Provinsi Sulawesi Barat Mursalim, Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat Abd Rahman, Komisioner KPU Polewali Mandar wilayah 1diantaranya Fitrinela beserta Panwascam Polewali Mandar.

Komisioner KPU Provinsi yakni Mursalim, bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan bahwa dalam proses pencoklitan yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih(PPDP) agar tetap memperkuat jangkar integritas PPDP serta melakukan komunikasi yang baik dan sopan kepada masyarakat yang nantinya akan dicoklit dari rumah kerumah.

Komisioner Kabupaten Polewali Mandar wilayah 1 Fitrinela menambahkan, bahwa pada hari ini (sabtu 20 Januari 2018), adalah goresan awal yang akan menjadi sejarah buat kita semua sebagai penyelenggara pemilu dan pada seluruh PPDP bahwa gerakan coklit serentak telah dilakukan.

Gerakan coklit serentak Tahun 2018 sebagai gerakan Nasional bukan hanya memberi sinyal dan semangat bagi penyelenggara dan PPDP, namun terlebih penting adalah masyarakat pemilih biasa berperang aktif dari awal mereka antusias dalam coklit dengan mempersiapkan KTP EL dan KK yang akan jadi rujukan PPDP dalam coklit, jelas Fitri.

Gerakan coklit serentak yang akan kita lakukan merupakan upaya besar dari Komisi Pemilihan Umum untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih menjadi semakin baik, akurat, dan valid. Dalam meningkatkan kualitas daftar pemilih yang salah satunya ditentukan oleh kualitas proses dan hasil coklit.

Setiap PPDP diwajibkan pada hari ini Sabtu Tanggal 20 Januari 2018 mendatangi Minimal 5 Rumah diwilayah kerja masing-masing, kami dari KPU Kabupaten yaitu ketua dan anggota KPU PPK, PPS akan menyertai PPDP dalam melakukan coklit.

Baca juga :  ARU Hadiri Upacara Hari Kedispilinan Nasional

PPDP sebagai ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PPDP memiliki peran penting, mengembangkan tugas yang penting yaitu melayani hak konstitusional warga Negara dalam menggunakan hak pilih, mulai hari ini 20 Januari Tahun 2018 s/d 18 Februari 2018 PPDP akan bekerja dalam proses coklit, berbagai tahapan pada kegiatan tersebut dimulai persiapan, pelaksanaan dan pelaporan dari proses coklit yang dilakukan, PPK dan PPS akan selalu bersama-sama dalam mengawal, memonitoring kerja-kerja teman-teman PPDP.

Mekanisme kontrol melalui proses monitoring dan pemeriksaan terhadap kerja PPDP yang akan dilakukan oleh PPS, PPK maupun KPU Kabupaten agar kerja PPDP dalam mencoklit bisa terkontrol, kendala permasalahan terkait pemutakhiran data pemilih dilapangan dapat teratasi, dan akhirnya mampu mewujudkan daftar pemilih yang semakin berkualitas, akurat dan mutakhir.

“Kami mengajak seluruh PPDP melaksanakan Coklit sesuai yang didapatkan pada bimbingan teknis yang lalu, ingat lakukan sesuai petunjuk yang ada, jika terdapat kendala dalam proses coklit mohon segera koordinasi, konsultasi pada PPS diwilayahnya maupun jika PPS mengalami kendala segera koordinasi dan konsultasi kepada PPK, ini semua akan berjalan secara berjenjang, kami berharap hal ini berjalan cermat, tertib, efektif dan akuntabel sapa pemilih dengan ramah dan santun, ” pungkas Fitri. (**)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top