banner-1

Makassar

Langkah Pemkot Dalam Mengentaskan Kemiskinan di Makassar

Makassar,metrotimur.com – Untuk mengentaskan kemiskinan, pemerintah harus mempunyai program-program jitu serta tepat sasaran agar menyentuh langsung ke masyarakat.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto menyebutkan, bahwa pemberantasan kemiskinan adalah suatu hal penting dalam pembangunan kota. Karena menurutnya, jika kemiskinan menurun berarti pemerintah berhasil dalam membangunan kota tersebut.

“Program kita yang utamakan merekonstruksi nasib rakyat, seperti dengan adanya bank sampah yang kita buat. Sekarang masyarakat membuat sendiri bank sampah yang jumlahnya mencapai 800, dengan penghasilan Rp 2.000.000 perbulannya, dan itu kita mengikuti standar penghasilan yang miskin dunia yang hanya Rp. 1.000.000 perbulannya, jadi kita sudah lakukan itu semua,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota peraih adipura tiga kali berturut-turut ini, dengan adanya program yang dicanangkan pemerintahan dibawa kendalinya. Dia yakin nasib rakyat bisa direkonstruksi dan kemiskinan di Makassar bisa berkurang, seperti dengan membuat bank sampah, badan usaha lorong (bulo), satgas-satgas, kaki lima ta’, dan laskar pajak.

“Kami yakin dengan adanya itu semua, kemiskinan di Kota Makassar bisa berkurang,” katanya.

Diketahui, Kemiskinan di Kota Makassar mencapai 4,56 persen, tingkat provinsi 12 persen, dan tingkat nasional 11 persen.

“Saat ini kemiskinan di Makassar sudah mulai berkurang sekitar 0,4 persen. Kita terus berupaya agar kemiskinan di Makassar terus menurun,” jelas Danny.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir mengatakan,
pengentasan kemiskinan adalah cara pemerintah untuk melakukan interfensi bagi warga, dengan cara mencarikan jalan keluar dalam bentuk pemberdayaan bagi mereka agar mandiri.

“Dengan program-program pemerintah saat ini, seperti bulo, bank sampah. Itu sangat bagus bagi masyarakat,” pungkasnya. (*)

Baca juga :  Danny, " Puisiku "
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top