banner-1

Pemerintahan

Lewat Program Gammara’na Manggala, Ketua TP PKK Kota Makassar Launching Penanaman Tanaman Berbau Semerbak

Launching Penanaman Tanaman Semerbak (Indira Jusuf Ismail)

Makassar, metrotimur.com – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail melaunching program pemerintah Kecamatan Manggala ” Gammara’na Manggala ” sekaligus melakukan melakukan penanaman tanaman berbau harum dan wangi secara simbolis.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail sangat mengapresiasi atas terealisasinya program penanaman tanaman yan berbau harum dan wangi di wilayah Kecamatan Manggala. Aprseiasi itu diberikan kepada Plt Camat Manggala, Andi Fadly.

“Yang pertama – tama, alhamdulillah saya berterimah kasih kepada Plt Camat Manggala beserta seluruh jajaran dan warga Kecamatan Manggala, hari ini kita sampai kepada tahap realisasi pencanangan penghijauan di Kecamatan Manggala dengan penanaman tanaman yang berbau semerbak,” Ucap Indira Jusuf Ismail, senin (6/8/18).

Kita ketahui dengan lahirnya program Gammara’na Manggala merupakan jawaban dari sekian lamanya bau tak sedap yang kita hirup yang berasal dari TPA. Menurut Indira Jusuf Ismail, kehadiran Pemerintah itu pada pokoknya menjadi pelayan yang mampu mengakomodir apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat, bukan hanya pelayanan admisitrasi. Untuk Manggala inovasi penanaman tanaman semerbak ini merupakan bahagian yang takkalah penting untuk dilahirkan.

“Ini inovasi yang sangat – sangat cemerlang, dengan konsep penanaman tanaman semerbak, Manggala yang dikenal sebagai spot Akhir pembuangan sampah akan merubah wujudnya sebagai wilayah yang menyajikan bau harum dan wangi, ini yang disebut inovasi, ” kata Indira.

Dengan diluncurkannya program Gammara’na Manggala yang merupakan inovasi dari Plt Camat Manggala tersebut, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira jusuf Ismail berharap, dengan adanya program penanaman tanaman yang berbau semerbak ini nantinya mampu menepis bau tak sedap yang berasal dari TPA Tamangapa.

“Insya Allah bau semerbak itu nanti selain untuk mengurangi dampak bau yang tak sedap dari TPA, tanaman ini juga menjadi salah satu solusi dalam mewujudkan program penghijauan yang menjadi target program Pemkot Makassar, ” Kata Indira.

Baca juga :  UGM Anugerahi Kota Makassar Dua Penghargaan Terkait Pengelolaan Keuangan

Lanjut Indira, tentu setelah launching kita juga berharap program ini terus berkesinambungan.Menurut Indira, program ini tentu keterlibatan warga Kecamatan Manggala merupakan kunci dalam menyukseskan program Gammara’na Manggala, tidak hanya pemerintah saja.

“Jadi kesuksesan program Gammara’na Manggala, tentu peran – peran warga sangatlah penting tanpa terkecuali, semakin aktif warga berpartisipasi dan terlibat langsung, tentu Manggala akan menjadi wilayah yang terdepan dalam merespon program, dan tentunya Manggala akan menjadi salah satu wilayah percontohan akan peduli lingkungan, ” ucap Indira.

Kemudian jenis tanaman yang dipilih tentu bukan hanya sekedar sebagai tanaman pengharum, tetapi jenis tanaman yang ditanam harus yang memiliki nilai ekonomis.

” Pilihan jenis tanamannya juga sudah sangat tepat, misalnya tanaman Pandang wangi, melati, bunga mawar, itu semua selain melahirkan bau yang sedap dan wangi, juga bernilai ekonomis, ” kata Indira.

Olehnya kita berharap program Gammara’na Manggala ini adalah salah satu terobosan yang bisa menjadi percontohan disemua wilayah yang ada di Kota Makassar, pesan Indira.

Sekedar diketahui, melalui program Gammara’na Manggala, sekitar 2400 tanaman yang berbau semerbak yang akan ditanam di 8 Kelurahan. Adapun jenis tanaman yang akan ditanam yakni, Mawar, Sedap Malam, Melati, Pandan Wangi dan Pohon Kamboja.Untuk pengadaan tanaman tersebut bersumber dari swadaya masyarakat manggala dan para pengusaha (CSR) yang berdomisili di Kecamatan Manggala. Untuk areal TPA pohon Kamboja menjadi pilihan Pemerintah Kecamatan Manggala. (fhr).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top