Pemerintahan

Libur Idul Fitri, Pelayanan Dinkes Makassar Tetap Berjalan

METROTIMUR.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menjamin, 52 rumah sakit dan 47 Puskesmas di Kota Makassar tetap beroperasi dan melayani pasien selama libur lebaran.

“Tidak ada alasan untuk tidak melayani pasien,” kata Naisyah kepada wartawan, Rabu 29 Mei 2019.

Naisyah mengatakan, fasilitas rawat inap di Puskesmas terbuka 24 jam selama libur panjang lebaran. Layanan darurat Home Care juga disiagakan selama 24 jam.

Menurut Naisyah, Kota Makassar punya 3 ribu tenaga dokter, 6 ribu perawat, dan 3 ribu bidan. Petugas kesehatan ini tersebar di semua rumah sakit dan Puskesmas di Kota Makassar.

“Masyarakat jangan khawatir,” katanya.

Bagi pasien yang sudah terjadwal harus melakukan pemeriksaan dan perawatan, seperti layanan hemodialisa dan kemoterapi juga tidak perlu takut. Layanan kesehatan dan petugas kesehatan akan tetap melayani sesuai dengan jadwal pengobatan.

“Tetap dilaksanakan hal-hal yang sifatnya gawat darurat,” ujarnya.

Selain melakukan tugas rutin di rumah sakit dan Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Makassar juga bergabung dengan TNI, Polri, dan instansi lain dalam Posko Lebaran.

Selama libur lebaran, petugas kesehatan yang akan melayani memang tidak akan sebanyak hari normal. Tapi Dinas Kesehatan berjanji dan menjamin kualitas pelayanan tidak akan berkurang.

“Semua petugas kesehatan sudah diberikan jadwal tugas. Jadi tidak semua akan cuti lebaran,” katanya.

Kota Makassar juga siap melayani pasien rujukan dari kawasan timur Indonesia. Karena berbagai fasilitas sudah dimililiki rumah sakit dan puskesmas di Kota Makassar.

“Makassar sudah punya rumah sakit tipe A. Menjadi rujukan di Indonesia timur,” kata Naisyah.

Baca juga :  Bappeda Dorong Pengembangan UMKM di Makassar Untuk Menekan Laju Inflasi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top