banner-1

Hukrim

Lolosnya Jen Tang Keluar Negeri Faktor Kelalaian Aparat

Soedirjo Alimang alias Jen Tang

Makassar, metrotkmur.com – Lolosnya tersangka kasus Buloa ,Soedirjo Aliman alias Jen Tang keluar negeri dikarenakan adanya kelalaian penyidik kejaksaan yang tidak mengawal proses hukum setalah jen tang ditetapkan sebagai tersangka menuai kritikan dari praktisi hukum.

Kelalaian tersebut menurut pengamat hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI), Hamzah Baharuddin. Ia menilai dalam penanganan kasus TPPU Jen Tang, penyidik terkesan lalai bahkan kendor terhadap tersangka.

Bukti kelalaian tersebut, beber Hamzah, dimana tersangka mendapat celah untuk mengajukan pra peradilan hingga berhasil kabur ke luar negeri yakni ke negara Singapura.

“Celah yang saya maksud disini karena penyidik yang tidak profesional alias lalai. Kenapa tidak dari awal ketat menutup celah tersebut. Seharusnya pasca menetapkan status tersangka, penyidik langsung juga mengeluarkan surat cegah cekal dengan berkoordinasi pihak imigrasi. Kemudian tegas dalam panggilan kepada tersangka, dua kali panggilan diabaikan bisa lakukan perintah membawa atau upaya paksa ,”kata Hamzah, Rabu 15 November 2017.

Tapi, kata Hamzah, sejak awal penyidik Kejati Sulselbar terkesan lalai, dimana pemanggilan terhadap tersangka pun nanti gencar dikawal setelah ada desakan dari pemberitaan media. Demikian juga mengenai penerbitan surat cegah cekal, hingga saat ini beritanya masih simpang siur. Apakah memang sudah dikeluarkan seiring penetapan tersangka diumumkan atau memang sama sekali belum ada upaya yang dilakukan penyidik terkait itu.

“Nah inilah yang kemudian menjadi celah tersangka dapat leluasa ke luar negeri karena tak ada upaya cegah cekal. Demikian juga kenapa tersangka mengajukan pra peradilan karena tentunya ada alasan yang mendasar kemungkinan diantaranya mengenai surat panggilan yang diklaim tak pernah sampai ke tersangka kemudian tersangka tiba tiba dinyatakan buron misalnya. Saya kira inilah celah yang dapat dimanfaatkan tersebut ,”ungkap Hamzah.

Baca juga :  Kasi Penkum Kejati : Pemanggilan Danny Hanya Sebagai Saksi

Penasehat Hukum tersangka dugaan TPPU Jen Tang, Zamzam menyebutkan bahwa Jen Tang saat ini sementara berada di luar negeri untuk berobat. Kepergiannya keluar negeri sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

“Kayaknya sudah ada 10 hari, pergi berobat,”sebutnya, Rabu 15 November 2017

Ia mengungkapkan keberadaan Jen Tang di luar negeri untuk pengobatan telah diketahui oleh pihak Kejati Sulselbar. Setelah berobat, Jen Tang kata Zamzam berjanji akan menghadiri panggilannya oleh penyidik.

“tapi saya belum tahun kapan klien kami akan datang,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin irit bicara terkait pemanggilan kedua terhadap Jen Tang. Tak hanya itu, sikap sama pun diperlihatkan Salahuddin saat ditanya terkait pencekalan Jen Tang yang bocor lantaran Jen Tang telah berada di luar negeri.

“Nanti saya kabari jika ada info terbaru,” singkatnya.(kh/ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top