W3.CSS
Hukrim

LSM Laporkan Temuan BPK ke Penegak Hukum, Pengamat: Lucu dan Diduga Upaya Kriminalisasi

MAKASSAR – Pengamat Pemerintahan dan Keuangan Negara. Bastian Lubis menilai laporan Lsm terkait dugaan korupsi dilingkup PDAM Makassar adalah hal yang lucu dan bernuansa kriminalisasi yang diarahkan kepada individu tertentu.

“Nah lucunya kenapa ada Lsm yang laporkan BPK ke penegak hukum, kan jadi lucu, “ Kata Bastian, kamis (14/5/2020).

Bastian Lubis yang juga merupakan Rektor Universitaa Patria Artha, menjelaskan, bahwa Laporan Badan Pengaudit Keuangan (BPK) yang diterbitkan oleh editornya adalah temuan yang tidak bisa ditindak lanjuti atau dengan kata lain temuan gagal, karena tidak memiliki unsur pidana.

Kemudian lanjut Bastian mengurai, bahwa laporan tersebut menyatakan dana 31 miliar harus disetor kembali ke Kas Daerah, olehnya BPK hanya merekomendasikan kepada Wali Kota dan teguran kepada direksi PDAM tanpa melaporkan kepenegak hukum, urai Bastian.

Jika dilihat dari laporan yang masuk ke Kejati oleh Lsm, Bastian menyinggung soal asuransi yang kontraknya tahun 2003 lalu, bagi Bastian kembali mengatakan menjadi lucu karena dianggap sebagai temuan.

“Lucunya lagi, disitu ada laporan tentang asuransi, asuransi itu pertama kali kontrak tahun 2003 dan ditemukan sekarang. Saya sudah liat itu asuransi dan benar itu asuransi dan tidak ada masaalah karena sebagian karyawan PDAM yang membayar karena asuransi karyawan, lucu kenapa dibuat sebagai temuan, “ kata Bastian.

Kalau paham, seharusnya laporan tersebut semestinya dilaporkan di Majelis Ganti Rugi, untuk menguji temuan BPK tersebut, “Inikan bisa jadi kalau semisal Danny Pomanto yang ditarget dalam laporan Lsm tersebut, Pak Danny bisa lapor balik, karena tidak ada dugaan pidananya yang dilaporkan oleh LSM tersebut, “ jelas Bastian.

“Sepertinya Pak Danny Pomanto kembali berhadapan dengan kelompok yang berusaha mengkriminalisasi dirinya, apalagi 2020 ini akan ada kontestasi pilkada serentak dan Makassar salah satu wilayah yang akan melaksanakan, “ tutup Bastian. (*/ri)

Baca juga :  Sidang Depan Kasus Buloa, JPU Akan Hadirkan Lurah Dan Pelindo
Click to comment

0 Comments

  1. Pingback: LSM Laporkan Temuan BPK ke Penegak Hukum, Pengamat: Lucu dan Diduga Upaya Kriminalisasi › Kabar Terbaru Sulsel Hari Ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top