banner-1

Makassar

Maraknya Berita Prasangka dan Hoax, Ketua IWO Sulsel Angkat Bicara

Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel

Makassar, metrotimur.com  – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Selatan Zulkifli Thahir meninginstruksikan kepada seluruh insan perss yang tergabung di dalam IWO sulsel untuk selelu menyajikan berita yang fakta bukan prasangka ataupun Hoax.

Derasnya pertukaran informasi di media sosial membuat berita-berita palsu alias hoax juga semakin sering muncul. Parahnya lagi, banyak netizen Indonesia yang menelan mentah-mentah berita-berita tersebut.

Ketua IWO Zulkifli Thahir mengatakan, Pada zaman teknologi canggih seperti saat ini, semua hal bisa kita ketahui dengan cepat. Karena semua kita bisa akses dengan gadget canggih kita, dimanapun kita berada dengan jaringan yang internet ada tentunya, Kata Bang Chuleq sapaan akrabnya.

Namun menurutnya lanjut Bang Chuleq, ” dengan mudahnya kita mendapatkan informasi tidak serta merta berdampak positif, ada juga dampak negatif yang ditimbulkan jika tidak di gunakan dengan baik. Seperti yang akhir-akhir ini mungkin kita juga sering melihat berita prasangka atupun yang bersifat Hoax.

” berita prasangka atau hoax itu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu “, ungkap Bang Chuleq, jum’at (16/6/17).

Oleh karena itu, sesuai dengan prinsip IWO ” Hadirkan Fakta Bukan Hoax ” saya menghimbau kepada seluruh wartawan yang tergabung di dalam IWO sulsel untuk terus konsisten menyajikan berita yang di sertai dengan bukti atau fakta, hindari segala bentuk berita – berita prasangka apalagi berita bohong, jangan menyajikan berita yang di hiasi dengan rangkaian cerita bohong, media online harus hadir  sebagai pemersatu bangsa bukan untuk memecah bangsa, himbau Bang chuleq.

Bang Chuleq menegaskan , jika di kemudian hari ada berita yang di lahirkan oleh anggota IWO kemudian sifatnya prasangka terlebih lagi cerita bohong, maka secara tegas kami akan pecat dan tidak akan memeberikan bantuan hukum, bahkan IWO sendiri akan menindaki dan bekerja sama dengan pihak yang berwajib, sekali lagi ini tegas saya sampaikan kepada seluruh anggota IWO Sulsel, tutup Zhulkifli Thahir. (Ron)

Baca juga :  Nasib Bangunan CCR Panakukang Tinggal Menunggu Waktu
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top