W3.CSS
Makassar

Melalui Warning KPK, Hotel Myko Makassar Lunasi Tunggakan Pokok Pajaknya

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Setelah KPK mengeluarkan instruksi kepada Pemkot Makassar untuk bertindak tegas, pihak Hotel Myko akhirnya melunasi tunggakan pajaknya.

Melalui Korsupgah KPK RI, Adliansyah Malik Nasution (Choki) menyampaikan, bahwa pihak Hotel Myko telah melunasi hutang pajak reklamenya.

“Iya, pihak Hotel Myko udah lunasin tunggakan pajaknya, laporan bukti pembayarannya sudah kami terima dari Bapenda Makassar, ” kata Choki, rabu malam (8/1/20).

Meskipun demikian, KPK juga meminta kepada Pemkot Makassar untuk tidak memberikan toleransi kepada seluruh pengusaha yang berstatus sebagai wajib pajak dan wajib pungut pajak. Bahkan KPK mendorong Pemda untuk taat kepada perintah Undang – undang, Perda dan Perwali.

“Kita akan terus pantau, intinya, Pemda harus bersikap sesuai peraturan perundang – undangan dan ketentuan daerah yang telah ditetapkan. Ini kan masalah pajak, dan itu wajib ditunaikan bagi setiap wajib pajak dan para wajib pungut pajak, tidak ada alasan ditunda pelunasannya apalagi sampai tidak terbayarkan, jadi Pemda harus bersikap tegas, tidak boleh ikut main – main, ” tegas Choki.

Kita juga berharap Koordinasi dalam rangka penyelamatan uang negara harus terus terbangun, baik itu dengan kami KPK, Kejaksaan dan Pemda itu sendiri, kata Choki.

Yang terakhir tambah Choki, ia meminta kepada Pemkot Makassar untuk sesegera mungkin melakukan evaluasi dan monitoring, siapa saja wajib pajak dan wahib pungut pajak yang belum menyetorkan pajaknya kepada pemkot Makassar.

“Cek kembali dan pastikan tidak ada lagi yang terlewatkan, kalau lengah pasti beban wajib pajak dan Wajib pungut Pajak akan bertambah, karena pembiaran atau toleransi diluar ketentuan itu akan berpotensi pajaknya menumpuk dan akan jadi beban bagi pengusaha itu sendiri dan akan berdampak negatif bagi PAD pemda, ” tambah Choki, sekali lagi, Pemkot Makassar harus tegas dan jangan ada yang main – main.

Baca juga :  Elite Partai Pengusung Appi-cicu, Pilih Berbaur di Halal Bi Halal Pemkot

Diketahui tunggakan Pajak Hotel Myko mencapai total keseluruhan 1.072.501.650 miliar. Adapun dari total tunggakan sebelum terbayarkan, pada tahun 2018 Pihak Hotel Myiko pada posisi Kurang Bayar dengan total tunggakan plus denda sebesar Rp. 293.428.328. Kemudian pada tahun 2019 yang tertunggak plus denda sebesar Rp. 779.073.323.

Adapun akumulasi dari nilai total Rp. 1.072.501.650 yang tertunggak bersumber dari pajak Pokok Reklame tahun 2018 sebesar Rp. 232.879.625 denda 26 % dengan total denda Rp. 60.548.703, Total keseluruhan tunggakan untuk Tahun 2018 sebesar Rp. 293.428.328.

Sementara untuk tunggakan pajak Reklame Videotron Hotel Myko tahun 2019, yakni, Pajak Pokok sebesar Rp.763.797.375 dengan denda 2 persen sebesar Rp. 15.275.948, total tunggakan pajak Reklame Videotron sebesar Rp. 779.073.323.

Dari data yang berhasil dihimpun, pihak Hotel Myko telah melunasi tunggakan Pajak Reklame Videotron yang sifatnya Pajak Pokok belum termasuk denda, pada hari senin 6 Januari 2020. Sementara untuk denda pihak Bapenda menunggu hasil rekomendasi (SK) Pj Wali Kota Makassar, Iqbal M Suhaeb (Ron).

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top