banner-1

Makassar

Mengenali Fasum Fasos Kota Makassar Bisa Dilihat Melalui Aplikasi Web GIS

Makassar, metrotimur.com – Tim verifikasi Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) Dinas Perumahan Kota Makassar tindak lanjuti hasil identifikasi Fasum Fasos oleh pihak Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala.

Berdasarkan hasil identifikasi pihak Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala fasum fasos yang ada di kompleks Unhas Antang , Pagi tadi Rabu (25/10/17) , Tim verifikasi PSU Dinas Perumahan Kota Makassar yang dipimpin langsung oleh Kadis Perumahan, Ir.Fathur Rahim menurunkan personilnya untuk melihat langsung kondisi fasum fasos yang ada di Kompleks Unhas Antang.

“Sebagai tindak lanjut dari laporan pihak Kelurahan Biring Romang Kec.Manggala, tadi pagi kami turun melakukan verifikasi dan melihat langsung kondisi lapangan, ada perubahan tetapi hanya perbatasan (pagar) yang dibuat oleh masyarakat sekitar, tetapi kita tetap akan mengundang pihak perum Perumnas untuk menjelaskan secara detail, ” Kata Fathur Rahim.

Sementara itu Kasi Data dan Inventarisasi PSU Dinas Perumahan Kota Makassar, Faisal, ST, MT mengatakan,” melihat kondisi lapangan berdasarkan pencatatan badan asset pada tahun 1988 untuk data siteplan sudah singkron, tetapi memang butuh verifikasi ulang, dimana secara fakta berdasarkan data asset, lokasi sudah tidak sesuai lagi dengan alamat pencatatan titik koordinat pada tahun 1998 dengan kondisi sekarang.

“Harus dilakukan verifikasi ulang, dari hasil peninjauan lapangan dan sudah tercatat di asset nanti akan disesuaikan kondisi koordinat PSU kekinian berserta alamatnya yang selanjutnya dijadikan database barbasis GIS, ” terang Faisal.

Lanjut Faisal, pentingnya verifikasi ulang dimana hasilnya akhirnya nanti kita akan catat sebagai database kemudian kita juga akan koneksikan dengan aplikasi Web GIS, yang bisa diakses melalui android.

“Hasil verifikasi ulang ataupun fasum fasos yang baru akan tercatatkan di Badan Asset kita akan data dan daftarkan di Web GIS, dimana Web GIS ini berfungsi sebagai kontrol monitor masyarakat ataupun pemerintah untuk bisa melihat titik koordinat fasum fasos dan kondisi fasum fasos yang ada di Kota Makassar, masyarakat juga bisa mengakses jika ada temuan fasum fasos yang beralih fungsi, ” Kata Kasi Data dan Inventarisasi Dinas Perumahan Kota Makassar, Faisal ST,MT.

Baca juga :  Di Sidrap NH Bersilatuhrahmi Dengan Tokoh Masyarakat dan Keluarga Besarnya

Kasi Data dan Inventarisasi Dinas Perumahan, Faisal, ST,MT menambahkan, penguatan pencatatan fasum fasos ini berbasis data, maka dengan inovasi Dinas Perumahan dengan menciptakann aplikasi Web GIS yang membidangi tentang verifikasi data PSU, menurut Faisal, Web GIS akan menjadi pemandu bagi pemerintah dan masyarakat itu sendiri untuk mengetahui letak fasum fasos, luas termasuk kondisinya, tambah Faisal.

Web GIS ini juga menurut Faisal bisa juga menjadi akses bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah untuk mendapatkan layak huni nantinya.

Sekadar diketahui aplikasi Web GIS tersebut menjadi salah satu inovasi Dinas Perumahan Kota Makassar yang diciptakan oleh Kasi Data dan Inventarisasi PSU Dinas Perumahan Kota Makassar, Faisal ST, MT. (Ron).

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top