banner-1

NEWS

Mobil Nasional Pertama di Era Presiden Soeharto Karya Anak Makassar

Foto perancang Mobil Nasional Mitax dan SRI Nazaruddin Aziz

METROTIMUR – Seperempat abad lalu, mobil kecil bercat kuning ini dipajang di sebuah pameran sebagai cikal bakal mobil nasional Indonesia, mobil yang dibangun sepenuhnya oleh anak muda negeri kita. Sudut-sudutnya membulat. Saat purwarupa mobil ini dibuat tahun 1990, Toyota Kijang masih berbentuk kotak, Kamis (19/01/17).

Mobil ini datang dari daerah, dari kota Makassar. Sang penggagas adalah Halim Kalla, adik lelaki bungsu Jusuf Kalla.

Ia lulusan sekolah jurusan rekayasa otomotif The State University of New York, Amerika Serikat.

Di sebuah bengkel milik NV. Hadji Kalla, mobil ini dirancang dan dibangun sebagai mobil rakyat dengan komponen hampir sepenuhnya dari dalam negeri. Dibangun dengan niat serius untuk digunakan dalam negeri, dalam dua tipe produksi yakni,  Mitax dan SRI. Mitax itu mini irit aksi, SRI adalah sedan rakyat Indonesia.

Bentuk dan ukuran SRI mirip-miriplah dengan mobil kecil Daihatsu Ceria yang lahir sepuluh tahun kemudian.

Pada hari pers nasional tahun 1990, Mitax dan SRI dipamerkan di Makassar. Presiden Soeharto dan Ibu Tien datang menyaksikannya. Dua tahun kemudian, Mitax dan SRI dihadirkan pula di ajang pameran Riset dan Teknologi di Jakarta dan langsung menuai puja-puji pimpinan negara.

Ibu Tien yang sanggul konde Jawa-nya sempat tersangkut di pintu saat mencoba masuk ke mobil, begitu senang. Ia membayar langsung dengan cek untuk sejumlah mobil ini. Sebanyak 10 unit Mitax dan SRI bertahun-tahun lamanya digunakan sebagai kendaraan lingkungan Taman Mini Indonesia Indah.

Satu unit lainnya terparkir di kediaman penguasa Orde Baru di Jalan Cendana. Kabarnya, mobil di Cendana itu untuk kendaraan belanja kebutuhan sehari-hari. Saya dengar pula, suatu hari ia mogok di jalan dan tak digunakan lagi.

Baca juga :  Camat Rappocini Hindari Macet Dengan Roda Duanya

Beberapa tahun kemudian, pangeran Cendana, Hutomo Mandala Putra mengambil alih proyek mobil nasional lewat kerjasama dengan perusahaan Korea Selatan. Tamat sudah riwayat Mitax dan SRI.

Sekedar di ketahui lelaki berdasi merah dengan anak rambut “patte’ kanan” yang duduk di lantai di depan mobil ini adalah sang perancang dan pembangun mobil Mitax dan SRI, seorang insinyur muda lulusan Universitas Hasanuddin, Nasruddin Aziz.

Pertemuan singkat kami ( metrotimur.com) dengan sang perancang mobil nasional era kepemimpinan Presiden Soeharto, mengapresiasi hasil karya Walikota Makassar mobil ” Pete – pete Smart ” dan banyak lagi program Wali Kota Danny yang lainnya yang menurut Nasruddin Azis sangat luar biasa.

Usai pembicaraan yang singkat beliaupun pamit untuk berangkat ketempat kerja sambil mengatakan ” besok pagi kita bahas yang lain, kita buat inovasi yang lain untuk kota Makassar “, Kata Nazaruddin Aziz, kepada metrotimur.com, Rabu (18/01/17). (Ron) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top