banner-1

Makassar

Monumen Arsitek Indonesia Dibangun Dengan Filsofi Local Wisdom

Makassar, metrotimur.com – Monumen Arsitek Indonesia dibangun dengan filsofi local wisdom sulapa appa yang dari unsure pembentukan alam dan empat etnis di Sulawesi selatan, Sabtu (8/4/17).

Unsur – unsur pembentukan alam tersebut yang tertuang didalam bangunan monumen arsitek Indonesia dengan bentuk kubus, jumlah kubus pertama sebanyak 4 buah yang di maknai 4 unsure pembentukan Alam yakni, Air, Tanah, angin dan api, Kata Dr. Eng Ihsan salah seorang anggota IAI yang berasal dari Kota Makassar.

Kemudian, Dr. Eng Ihsan menjelaskan, Kemudian, susunan kubus kedua yang juga berjumlah 4 kubus melambangkan, bahwa di Sulawesi selatan ada 4 etnis yang bersatu dalam membawa sulawesi selatan sebagai daerah yang di penuhi dengan nilai – nilai budaya yang menjujung tinggi nilai persaudaraan, Jelas Dr. Iksan.

Lanjut, 4 unsur pembentukan Alam dan 4 etnis, Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja, disatukan menjadi 8 yang bermakna 8 ( delapan) masa depan untuk Makassar Dua Kali Tambah Baik, kemudian penanda tanganan monumen Arsitek tersaksi, tanggal 8 April 2017,
Disisi sebelah kiri dan kanan dinding monumen Arsitek ada list nama peserta konvensi pertama IAI.

” total kubus pada bangunan monumen Arsitek Indonesia dan penandatanganan 8 April, merupakan momentum arsitek negeri yang bertekad memberikan yang terbaik buat negara kesatuan Republik Indonesia dan momentum ini pula hari ini , Kota Makassar telah menjadi saksi, untuk itu Makassar menuju kota dunia akan semakin nyata “, tutup Dr. Ihsan.(ron)

Baca juga :  Kadisnaker Serahkan Bantuan Motor Sampah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top