banner-1

Uncategorized

Nurdin Halid Napak Tilas Jejak Arung Palakka

Foto Nurdin Halid Napak Tilas Arung Palakka

Bone, metrotimur.com – Menjelang Hari Ulang Tahun Kabupaten Bone ke 687, bersama Pemerintah Daerah Bone, Nurdin Halid ikut dalam rangkaian acara Napak Tilas Arung Palakka di Desa Campalagi Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, selasa (4/4/2017).

Arung Palakka, La Tenri Tatta To Unru Tau ri Sompae Petta MalampeE Gemmena Daeng Serang To’ Appatunru Paduka Sri Sultan Sa’aduddin adalah Raja Bone ke 15 yang menjadi Tokoh sekaligus Pahlawan bagi masyarakat Bone. Dalam masa hidupnya Arung Palakka yang di masa muda harus berada dalam tawanan Kerajaan penakluk di masa lalu berhasil membebaskan diri dan masyarakatnya dari penindasan.

IMG-20170404-WA0059

Desa Campalagi ini salah satu tempat dimana Arung Palakka bernazar di dalam Gua Campalagi dan berjanji untuk membebaskan Rakyatnya dari Penindasan. Jejak sejarah itu masih terekam dari jejak kaki Arung Palakka di depan mulut gowa ketika “mattuddu”. Disinilah jejak kesungguhan hati Arung Palakka yang begitu tulus berjuang demi Rakyatnya terekam abadi.

Napak tilas ini bertujuan untuk merekam kembali perjalanan perjuangan Arung Palakka yang sebagai tahanan berhasil membebaskan Rakyatnya dan memerdekakannya. Sebuah perjuangan yang dilandasi atas nilai kearifan budaya lokal yakni Siri’, Passe dan Sare. Inilah keteguhan yang selayaknya kita warisi sebagai masyarakat Bugis dari Para Leluhur.

IMG-20170404-WA0060

NH mengatakan, ” di masa kini, perjuangan itu hendaknya direfleksikan dalam kehidupan untuk berbuat kepada sesama. Jejak-jejak Arung Palakka jika diilhami akan melahirkan pribadi-pribadi yang tulus untuk menyejahterahkan masyarakat. Menolak dan melawan setiap penindasan yang terjadi atas kesewenang-wenangan yang angkuh, Kata NH.

Di depan Gua Campalagi, tempat Arung Palakka ‘Mattuddu’ dan bernazar, Nurdin Halid menyampaikan niatnya untuk menjadikan keluhuran pribadinya yang tulus sebagai pedoman untuk berbuat bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Baca juga :  Jubir Bidang Hukum Walikota Danny, Gelar Buka Puasa Bersama Warga

” Di tempat ini, saya berjanji untuk membebaskan masyarakat Sulawesi Selatan dari kemiskinan, kobodohon dan ketertinggalan. Semua upaya itu akan kita perjuangkan sebagaimana ketangguhan perjuangan Arung Palakka. Bukan hanya masyarakat Bone, tapi masyarakat Sulawesi Selatan. Untuk Sulawesi Selatan yang baru “, Ungkap NH.(ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top