banner-1

Hukrim

Satu Lagi..Fasum Fasos Terindikasi Akan Dialih Fungsikan Oleh Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Makassar,metrotimur.com – Pemerintah Kota Makassar harus turun melakukan inventarisasi dan mengamankan fasum/fasos yang ada di Kecamatan Tamalanrea. Sebab tidak sedikit fasum fasos di wilayah itu dicaplok oknum warga utamanya para pengembang property.

Seperti yang terjadi di depan pusat perbelanjaan Makassar Town Square (MTOS), Jalan Perintis Kemerdekaan kelurahan Tamalanrea Indah.

Lahan negara seluas 1 hektar lebih itu kini dicaplok dan dikuasai oleh oknum pengembang property, dan akan menyulap lokasi tersebut menjadi Ruko (Rumah toko). Di lokasi itu telah terbit sertifikat diatas lahan fasum/fasos tersebut.

Alihfungsi RTH menjadi Ruko di daerah itu, dikuatkan dengan adanya persetujuan Lurah dan Camat Tamalanrea. Mereka menandatangani rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diatas lahan fasum/fasos tersebut.

“Lokasi itu fasum/fasos, RTH) dan untuk sarana jogging track. Kenapa mau dijadikan Ruko? Pak Camat dan Lurah harus teliti dan mengkaji lebih dalam terkait lahan tersebut. Karena setahu saya, itu adalah fasum fasos. Ada saya simpan keterangan tertulis dari Dinas Tata Ruang eranya Andi Ondang, jika lokasi tersebut adalah fasum, bukan milik orang per orang,” kata Tahar (53) tokoh masyarakat setempat.

“Yang kami heran, kok ada terbit sertifikat di lokasi itu. Padahal semua warga tahu, kalau lokasi itu adalah fasum. Mantan Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin juga sudah berulang kali berpesan kepada Camat dan Lurah pada waktu itu, agar menjaga fasum fasos didepan MTOS, jangan sampai ada yang caplok,” jelas Tahar yang juga mantan Ketua RW BTN Puri Kencana Sari.

Sementara Lurah Tamalanrea Indah Aminuddin, mengaku jika dirinya telah menandatangi rekomendasi IMB untuk pembangunan Ruko di lokasi tersebut.

“Saya ini punya dasar tanda tangani rekomendasi IMB nya. Orang itu punya sertifikat, dan mau membangun di lokasinya. Tidak mungkin saya tanda tangan, kalo tidak punya dasar,” kata Lurah Aminuddin.(*)

Baca juga :  Mahasiswa Minta Polda Sulselbar Adili Oknum Polisi Hina GAM
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top