banner-1

Makassar

Sejumlah Artis Papan Atas Tampil di F8

Makassar, metrotimur.com – Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 dipastikan ada sejumlah artis ternama akan membanjiri kegiatan yang akan berlangsung di Pelataran Anjungan Pantai Losari “City Of Makassar Kamis (6/9)  hingga Minggu (10/9) pekan ini.

Dinas Pariwisata Makassar sebagai leading sektor penyelenggara Makassar F8 akan menghadirkan artis papan atas baik yang berkipra dikanca nasional dan internasional, beberapa diantaranya Daniel Sahuleka, Ari Lasso, Yovie and Nuno dan desainer fashion ternama, yakni Adjie Notonegoro (lihat grafis). Saat ini pihak penyelenggara kegiatan tengah merampungkan kebutuhan kegiatan.

Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, untuk kesiapan kegiatan saat ini telah rampung sekitar 80%. “Sudah sementara loading ini di lokasi persiapan,” akunya

Lebih lanjut, dari hasil pendistribusian undangan, kata dia kemungkinan kurang lebih 50 kota/kabupaten akan mengirim delegasinya untuk mengikuti agenda lainnya yang bersamaan diselenggarakan, yakni Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) dan Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) at Waterfront City Makassar.

“Untuk rundown acara masih terus disempurnakan.  Kita sudah masuk persiapan, besok mulai gladi tanggal 4 sampai 5,” ucapnya.

Olehnya itu jelang acara puncak, panitia penyelenggara telah memasang both di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk penjemputan tamu undangan.”Peserta sudah mulai berdatangan besok (hari ini), kita siapkan booth di bandara menjemput tamu dan menjelaskan kegiatan, siapa tau ada kurang informasi kita sampaikan,” tambahnya.

Apalagi event internasional  inidirencanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya meski masih menunggu kepastian jadi tidaknya menteri membuka secara resmi Makassar F8 ini. “Presiden tidak hadir, menteri masih menunggu. Undangan sudah diserahkan untuk membuka acara,” kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata, Muh Roem.

Meski Menteri Pawisata pada akhirnya tidak bisa menghadiri event internasional ini, maka secara resmi kegiatan ini akan dibuka oleh  Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Baca juga :  SMP 19 Makassar Tergenangi Hujan

“Beliau akan hadir, untuk membuka acara atau tidaknya tergantung kehadiran menteri, jadi atau tidak beliau datang. Kita siapkan Bekraf untuk membuka,” ujar Roem.

Sekadar diketahuievent F8 ini telah dilaunching oleh Menteri Pariwisata bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (9/5) belum lama ini di Jakarta.

Dan bahkan kegiatan tahunan Pemkot Makassar ini telah masuk dalam nominasi kalender event tahunan nasional pariwisata oleh Kementrian Pariwisata RI dengan menyajikan event-event diantaranya, fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, fusion music, film, fashion, fine arts, dan folk.

Lebih lanjut,Makassar F8 ini pastikan akan dibanjiri oleh tamu undangan yang berasal dari luar negeri mengisi sejumlah event yang tengah disiapkan.

Panitia penyelenggara mencatat kurang lebih 61 tamu undangan luar negeri yang telah konfirmasi kehadirannya. “Mereka termasuk tamu VVIP dari beberapa negara, baru tamu asing belum termasuk konsulat jenderal dan duta besar kenegaraan,” kata Roem.

Disamping itu, tamu undangan kehormatan lainnya yakni beberapa kepala daerah kota/kabupaten se-Indonesia bersama delegasinya dipastikan kehadirannya, termasuk agenda pembukaan kegiatan yang diawali dengan yakni atraksi pesawat tempur Sukhoi dan Jupiter.

Pada umumnya dibawah intruksi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto jumlah pengunjung festival kali ini ditargetkan mencapai 1 juta orang dengan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Makassar mencapai kurang lebih Rp2 miliar di luar dari bantuan pendanaan pihak sponsor.

“Khusus tamu dari Amerika hanya mengirim delegasi untuk event film, yang lainnya bervariatif. Mereka yang hadir ada yang mengisi acara ada juga visitor. Untuk venue kegiatan dari anjungan utama City Of Makassa sampai Anjungan Toraja Mandar,” terang Roem.

Baca juga :  Garda Danny Pomanto Akan Ambil Bagian Dipenyambutan Piala Adipura

Terpisah, dari beberapa agenda kegiatan, Pemkot Makassar berencana akan melakukan pendatanganan kontrak kerjasama dengan kota/kabupaten se-Indonesia dan beberapa kota negera di dunia (sister city) diberbagai bidang pengembangan.

Kemudian layanan jasa perparkiran Smart Parking pun akan dilaunching di event yang berlangsung selama lima hari nantinya.( BI)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top