W3.CSS
NEWS

Sekcam Manggala : Perlu Regulasi Baru Untuk Menara Tower

MAKASSAR,METRO Dinas infokom Kota Makassar selenggarakan kegiatan laporan penyusunan master plan menara Telekomunikasi Kota Makassar, yang diselenggarakan di Hotel D’maleo, Jalan Pelita Makassar, Selasa (13/12/16).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh seluruh Camat Sekota Makassar. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk bagaimana peran serta pihak Kecamatan dan Kelurahan tentang pebangunan menara tower, di mana selama ini pihak ketiga, dalam hal ini pemilik tower tidak pernah melibatkan pihak Kecamatan dan  Kelurahan menentukan layak apa tidaknya pembangunan tower dalam satu lokasi.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Sekcam Manggala, Abd.Rahman Kuba , sebagai perwakilan dari Kecamatan Manggala,” pembangunan tower yang sering kita lihat, perlu mendapat perhatian khusus bagi Pemerintah, di mana peran pemerintah Kelurahan dan Kecamatan terkadang di kesampingkan oleh pihak ketiga, pembanguan menara tower kadang tidak memperhatikan aspek yang lain, seperti keamanan, khususnya bagi warga.

” Pembangunan menara tower terkadang tidak memperhatikan beberapa aspek atau kemungkinan yang akan terjadi, seperti lokasi pembanguan dan radiasi yang berdampak kepada warga. Pihak ketiga hanya memanfaatkan pemilik lahan untuk status sewa menyewa saja, selanjutmua setelah mereka sepakat, justru pemilik lahan sendiri yang datang ke kantor Kecamatan dan kelurahan untuk meminta rekomendasi stastus lahannya, kemudian dari dasar itu, Ijin mendirikan tower langsung di tembuskan “, Ungkap Rahman Kuba.

Inilah kemudian yang menjadi dasar pemikiran kami, bahwa untuk mendirikan menara tower seharusnya harus ada regulasi yang mengatur tentang keterlibatan pemerintah Kelurahan dan Kecamatan untuk ikut menjadi penentu untuk lahirnya ijin mendirikan menara tower tersebut, kata Rahman Kuba.

Banyak keluhan yang berasal dari warga sekitar menara tower yang ada di wilayah, di mana kita ketahui bahwa tower juga memiliki dampak radiasi yang bisa merusak kesehatan dan keamanan, oleh karena itu kita harapkan kedepan ada regulasi yang mengatur itu semua, kususnya di wilayah padat penduduk, sehinga keberadaan menara tower teleomunikasi itu tidak asal menempatkan kemana mereka merasa cocok, tetap harus juga melihat dampak atau aspek yang lain, khususnya dampak yang langsung ke masyarakat, Tambah Rahman Kuba.

Baca juga :  Cegah PK5 dan Mobil Truck Satpol PP Tamalanrea Tanam Ban Bekas

Berdasarkan data yang ada di Dinas Infokom Makassar, jumlah menara tower Telekomuniasi yang ada di Kota Makassar itu sudah mencapai 500 menara. (Adm).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top