Makassar

Si Jago Merah Lalap Pasar Pabaeng Baeng Makassar

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Kebakaran terjadi di pasar Pa’baeng-Baeng Makassar pada Rabu, 18 September 2019 Sebanyak delapan kios hangus terbakar dalam tragedi ini, 18 September 2019

Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Syafrullah mengatakan, kebakaran kebakaran menghanguskan pasar sebelah timur. Kios yang terbakar tersebut, kata Syafrullah, yakni kios darurat.

“Itu kios darurat, bangunannya beda sama bangunan kios resmi di pasar Pa’baeng-baeng,” katanya.

Ia mengatakan penyebab kebakaran hingga saat ini masih sementara penyelidikan. Namun Syafrullah mengatakan, kebakaran terjadi karena human error yang dilakukan salah satu pedagang di kios tersebut.

“Jadi ada ibu-ibu memasak di salah satu kios. Mungkin dia lupa matikan, jadi menyebabkan kebakaran. Human error,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihak PD Pasar akan melakukan peninjauan di lokasi kebakaran. Syafrullah akan melihat terlebih dahulu apakah kios-kios yang terbakar di situ legal apa tidak.

Jika legal, maka akan dilakukan pembangunan. Namun jika tidak, maka proses selanjutnya akan ditinjau kembali.

“Akan kita tinjau kembali, apakah legal. Kita mau lihat legalitasnya. Nanti kita panggil pedagangnya. Nanti setelah pemeriksaan polisi, baru kita lakukan komunikasi dengan pedagang,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.25 Wita. Api pun berhasil dijinakkan sekitar pukul 13.50 Wita.

Sebanyak lima unit armada dikerahkan dalam memadamkan api. Dengan luas kebakaran mencapai 3×12 meter.

Kebakaran ini menghanguskan delapan kios yang berada di timur pasar. Pemilik kios tersebut adalah Amiruddin, Dg Chaking, Dg Leko, Uni, Pulang, Dg Bau, Ammang, dan Dg Ampa.

“Alhamdulillah berhasil dipadamkan. Jumlah personil yang turun dari kami ada 12 orang dengan lima armada,” katanya.(*)

Baca juga :  Danny Ambil Formulir Pendaftaran, Hamzah: PAN Selalu Bersama Pemimpin Komitmen
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top