banner-1

Makassar

Sinergitas KPU Sulsel dan Media Online Menjawab tantangan Pilkada Serentak 2018

Makassar, metrotimur.com – Media Mainstream atau Media Online dewasa ini telah menjadi kebutuhan Masyarakat Global karena Aktual dalam pemberitaan dan mampu menyajikan informasi digenggaman (gadget). Apalagi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 mendatang, peran media online sangat diperlukan sebagai gerbang informasi siap saji bagi publik.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Ketua Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Iqbal Latif, pada Dialog publik dan Coffee break yang dilaksanakan oleh IWO Sulsel, Senin sore (28/8/2017), di Warkop 47 Jalan Urip Sumoharjo, Makassar,

“Ada dua hal mendasar yang menjadi kendala KPU Sulsel menjelang Pilkada serentak 2018, yaitu terkait data pemilih berbasis e- KTP dimana dari data Disdukcapil Sulsel terdapat 1,3 Penduduk belum memiliki KTP elektronik (e-KTP). Tentunya berdampak pada legalitas pemilih, pada dasarnya menjadi hak warga negara yang dilindungi oleh undang undang.” Ujar Iqbal Latif.

Masalah kedua ialah menurunnya jumlah partisipasi pemilih disetiap pemilihan Gubernur, di 2008, jumlah partisipasi pemilih hanya 72 Persen, kemudian di 2013 turun diangka 70 Persen, sehingga memberikan pesan bahwa Demokrasi di Sulsel tidak berjalan dengan baik, dikhawatirkan Pilkada tahun 2018 ini turun lagi,” Ungakap Iqbal.

KPU Sulsel berusaha membangun strategi dalam bentuk sosialisasi langsung ke masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sesuai target kami yakni diangka 78 Persen, melebihi target Nasional 77,5 Persen.

Ikbal Latif, mengharapkan dengan adanya media Online yang tergabung di IWO mampu bersinergi bersama KPU Sulsel untuk mensukseskan pelaksanaan Demokrasi pilkada serentak 2018 mendatang.

“Kehadiran teman teman Media Online diharapkan menjadi gerbang pendidikan berdemokrasi sekaligus sebagai media sosialisasi untuk masyarakat luas dan sinergitas bersama KPU untuk mengugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih sehingga target 78 persen jumlah partisipasi pemilih dapat tercapai.”Pungkasnya.

Baca juga :  Seminar Internasional Pengembangan Science Techno Park

Diskusi publik bertajuk “Pilkada serentak dan peran media daring dalam konteks ketahanan negara” yang diinisiasi oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel, menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Kadis Kominfo kota Makassar, Ismail Hajiali, Pengamat Politik dan Hamkam, DR. Arqam Azikin, Ketua IWO Sulsel, Zulkifli Thahir, Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif dan Wartawan senior Liputan6.com, Ahmad Yusran. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top