W3.CSS
Makassar

Tiga Pengembang Serahkan Fasum Fasos Senila Puluhan Miliar ke Pemkot Makassar

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Sebesar Rp. 20.218.812.000, – (Dua Puluh Miliar Dua Ratus Delapan Belas Juta Delapan Ratus Dua Belas Ribu Rupiah) yang merupakan nilai aset yang diserahkan ke Pemkot Makassar dari tiga pengembang.

Serah terima aset tersebut dilaksanakan di Kompleks Perumahan Aoeropala Jl. Tamangapa Raya Kel. Tamangapa Kec. Manggala, rabu (22/9/2021). Hadir dalam serah terima aset yakni, Sekda Kota Makassar Muh. Ansar, Kepala BPN, Kejari Makassar, Camat Manggala, Lurah Bangkala dan Lurah Pai Kec. Biringkanaya, Anggota Dewan Makassar, Kadis Diseperkim dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Sekda Ansar mewakili Wali Kota Makassar, menyampaikan, bahwa apresiasi terhadap pihak pengembang atas penyerahan fasum fasos disampaikan oleh wali Kota Makassar Danny Pomanto.

“Pak Wali menyampaikan apresiasi kepada pihak pengembang yang telah konsisten atas hak publik berupa Fasum Fasos yang diserahkan kepada pemkot Makassar, itu pesan pak wali, ” Kata Sekda Ansar dalam sambutannya, rabu (22/9/2021).

Lanjut Sekda Ansar, ia menekankan kepada pihak pengembang lainnya untuk lebih tertib lagi dalam menyerahkan fasum fasos termasuk biaya kompensasi lahan pemakaman sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kemudian, untuk target realisasi capaian penyelamatan aset yang belum diambil alih oleh pemerintah, agar Dinas Perumahan dan Permukiman agar lebih menambah lagi speed dan meningkatkan koordinasi dengan stakholder terkait.

“Jumlah aset yang belum kita selamatkan atau yang belum diserahkan harus kita kawal, jika perlu percepat pengalihannya dalam bentuk sertifikasi atas nama Pemkot Makassar. Masih banyak aset kita yang belum tercatat, sekarang harus tercatatkan dengan tertib, ” jelas Sekda Ansar.

Kemudian Sekda Ansar mengatakan, bahwa tujuan penyerahan Fasum fasos ini adalah, untuk menjamin keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan Fasum Fasos (PSU) dilingkungan Perumahan dan Permukiman. Yang kedua,.melindungi asset Pemerintah daerah Kota Makassar dan yang ketiga, Memanfaatkan secara optimal atas prasarana, Sarana dan Utilitas untuk Kepentingan Masyarakat, sambung Sekda Ansar.

Baca juga :  Iqbal Sampaikan Duka Mendalam untuk Lina Pejuang Kebersihan

Setelah melalui proses administrasi dan tekhnis oleh tim verifikasi dan koordinasi Penyerahan Prasarana, Sarana Utilitas (PSU) perumahan dengan dukungan dan koordinasi Camat, Lurah dan masyarakat setempat. Adapun pihak pengembang yang menyerahkan PSU dalam bentuk Sertifikasi atas nama Pemkot Makassar sebagai berikut;

A. Perumahan Antang Nusa Idaman oleh PT. Daya Prima Nusawisesa dengan luas total PSU 2.988 m2 yang teridiri dari jalan, Drainase, Taman dan 14 titik penerangan lampu jalan.
– (Dua) buah Sertifikat/AJB.
– Perkiraan nilai aset yang diserahkan berdasarkan nilai NJOP setempat Rp. 2.097. 576.000,- miliar.

B. Kemudian Perumahan Sudiang Nusa Idaman (PT. Daya Prima Nusawisesa)
– Luas PSU yang diserahkan 7.044 m2
– 7 (tujuh) buat Sertifikat.
– Nilai aset sesuai NJOP Rp. 6.452.304.000, milliar.

C. Perumahan Griya Kenari Daya (CV. Griya Kenari)
– Luas PSU 2.421 m2
– 4 (empat) buah Sertifikat
– Nilai Aset sesuai NJOP Rp. 953.874.000, juta

D. Perumahqn Grand Aroepala (PT. Patiarase Propetindo)
– Luas PSU yang diserahkan 22.989 m2
– 31 (tiga puluh satu) buah Sertifikat
– Nilai aset yang diserahkan Rp. 9.057.666.000, – milliar.

E. Perumahan Ramang Residenza (PT. Patiarase Propertindo)
– Luas PSU yang diserahkan 1.606 m2
– 1 (satu) buah Sertifikat
– Nilai aset sesuai NJOP Rp. 1.657.392.000, – milliar

Sehingga Total nilai aset yang diterima oleh Pemkot Makassar sebesar Rp. 20.218.812.000, milliar. (ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top