banner-1

Makassar

Tindak Lanjut Asap TPA, Pemerintah Kecamatan Manggala Gandeng Tim Medis Turun Ke Warga

Pemeriksaan kesehatan warga yang terkena dampak Asap TPA antang

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Pihak Puskesmas Sekecamatan Manggala Kelurahan bekerja sama dengan pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Manggala turun bersama – sama memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terkena dampak dari kepulan asap akibat terbakarnya TPA Antang, senin (15/10/18).

Respon pihak Puskesmas Sekecamatan Manggala dalam penanganan dan pelayanan Kesehatan terhadap warga yang terkena dampak asap TPA, pihak Puskesmas melakukan pemerikasaan kesehatan dan pembagian masker ke setiap warga disekitar dengan bekerja sama dengan pihak UPTD Sampah dan Pihak Kelurahan.

“Sejak hari selasa kemarin, tepatnya dihari pertama kebakaran di TPA, kami dari pihak Puskesmas dan pihak Kelurahan juga pihak UPTD sudah turun melakukan penanganan pelayanan kesehatan, salah satunya membagikan masker sekaligus pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat, ” terang dr. Aryanti salah satu Dokter Umum yang ditugaskan di Puskesmas Tamangapa Kecamatan Manggala.

Pembagian masker kepada warga oleh Pihak Puskesmas

Langkah selanjutnya menurut dr. Ardiyanti adalah terus turun melakukan pelayanan kesehatan dengan melibatkan para kader posyandu diwilayah.

“Kita buka pelayanan dengan memberikan pengobatan di posyandu termasuk penyuluhan dan pendataan disetiap rumah warga, ” kata dr. Ardiyanti.

Senada dengan Alfrida petugas lapangan Puskesmas Tamangapa mengatakan, untuk mobil Home Care Dottoro melakukan patroli dengan berkeliling diwilayah sambil memberikan pelayanan kesehatan.

“Jadi semua sektor kita libatkan semua, koordinasi dengan pemerintah Kecamatan dan Kelurahan intens kami lakukan, seperti hari ini kita aktifkan semua posko posyandu termasuk Puskesmas Pembantu (Pustu), ” kata Alfrida

Alfrida menambahkan, jika warga membutuhkan pelayanan di rumah masing – masing silahkan hubungi call 112 yang terkoneksi dengan Dottoro’ ta, tambahnya.

Sementara itu Camat Manggala, Andi Fadly melalui via telpon menyampaikan, ia sudah menginstruksikan kepada seluruh Lurah turun bersama pihak Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan termasuk membagikan masker kesetiap warga.

Baca juga :  Turnamen Badminton "Al Istiqomah Citra Land 2017"

“Kelurahan sudah turun semua bekerja sama dengan pihak Pusekesmas. Untuk fokusnya, wilayah yang berbatasan langsung dengan TPA, seperti, Tamangapa, Biring Romang, Bangkala dan Manggala kita akan berusaha semaksimal mungkin bisa kita tangani secara merata, ” kata Andi Fadly.

Sekedar diketahui, TPA Antang tersebut masuk digeografis Kelurahan Tamangapa, selain Puskesmas Tamangapa hari ini puskesmas Kelurahan Biring Romang, Bangkala dan Kelurahan Manggala yang masuk radius tebaran kepulan asap TPA, bersama pemerintah Keluarahan, turun bersama melakukan pelayanan kesehatan dan pembagian masker diwilayah masing – masing. (Ri).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top