banner-1

Hukrim

Tindak Lanjuti Putusan PT TUN, KPU Makassar Daftarkan di MA

Foto Rapat Pleno KPU Penetapan Paslon Pilwakot Makassar (12/2/18)

Makassar, metrotimur.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Makassar telah memutuskan untuk  melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) pasca banding pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dikabulkan oleh majelis hakim di PT TUN Makassar, Rabu (21/3/2018) kemarin.

Komisioner KPUD Kota Makassar Andi Syaifuddin, menyebutkan bahwa salinan putusan yang telah diterbitkan oleh PT TUN Makassar saat ini sudah berada ditangan KPU Makassar untuk ditindaklanjuti.

“Putusan yang sudah diterbitkan oleh PT TUN itu sudah kami terima. Itu menjadi dasar kami untuk kasasi ke Mahkamah Agung,” tuturnya saat dikonfirmasi, Kamis malam (22/3/2018).

Namun sebelum melakukan pendaftaran kasasi ke MA, menurut Andi Syaifuddin, pihak KPU Makassar terlebih dahulu melakukan konsultasi hukum dengan pihak KPU RI.

“Saat ini, tiga orang komisioner KPU Makassar termasuk Pak Ketua, sedang berada di Jakarta untuk konsultasi hukum terlebih dahulu dengan pihak KPU RI mengenai masalah ini. Semuanya berangkat tadi siang,” tambahnya.

Menurut Andi Syaifuddin, konsultasi KPU Makassar ke KPU RI guna meminta pandangan hukum dan penguatan hukum terhadap masalah tersebut.

“KPU Makassar konsultasi ke KPU RI itu konsultasinya untuk meminta pandangan hukum dan penguatan. Jadi bukan untuk meminta pertimbangan kasasi atau tidak, karena KPU Makassar sudah memutuskan menempuh jalur kasasi untuk melawan keputusan PT TUN,” urainya.

Disinggung kapan KPU Makassar akan mendaftarkan kasasi tersebut ke MA, Andi Syaifuddin mengaku belum bisa memastikan waktunya.

“Kita sudah konsultasi dengan pengacara kami atau kuasa hukum kami di KPU Makassar. Intinya kami akan mendaftar dalam waktu lima hari kerja ini. Saat ini, pengacara KPU Makassar sementara menyusun memori kasasi. KPU Makassar akan menggunakan waktu yang tersedia untuk mendaftarkan perkaranya secepatnya,” tutupnya.(*)

Baca juga :  Kadis PU Terima Kunjungan Pemkot Palembang
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top