banner-1

Health

Tips Memilih High Heels Agar Nyaman Dikaki

Dikalangan para wanita siapa yang tak kenal dengan high heels. Akan tetapi, tak semua wanita dianugerahi kaki yang jenjang. Hingga kemudian banyak yang memilih menggunakan sepatu high heels atau hak tinggi untuk menunjang penampilannya agar terlihat cantik.

Yang tergolong sepatu high heels yaitu memiliki hak sepatu mulai dari 5 – 12 cm atau lebih. Ada beragam jenis sepatu high heels yang ada di pasaran, seperti stiletto, pump, wedge, dan lain-lain.

Berikut beberapa tips memakai sepatu high heels agar tetap nyaman dikaki.

Seperti yang dikutip dari Alodokter, mengungkapkan, bahwa untuk menunjang penampilan tetap menarik, sepatu high heels kerap membuat penggunanya merasa terganggu saat memakainya. Berikut beberapa tips menggunakan sepatu high heels yang dirangkum Metrotimur.com agar tetap terasa nyaman dikaki:

Pastikan ukuran sepatu sesuai. Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukuran sebaiknya dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas, hanya akan menambah beban dan nyeri pada kaki.

Pilih sepatu dengan heel atau hak yang tebal. Sepatu jenis ini akan mencegah tumpuan tertuju pada ujung atau bantalan depan telapak kaki saja. Kaki juga akan lebih stabil dan peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar jika dibandingkan stileto yang memiliki hak berbentuk kecil dan tajam. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalisir gangguan tendon Achilles pada kaki.

Ujung sepatu yang lebar. Sedapat mungkin hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Pilih sepatu yang yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung ataupun pinggiran jari kaki.

Baca juga :  Keluarga Supomo Guntur : Kami Tidak Mungkin Mengkhianati Amanah

Cari bahan yang lembut. Dibandingkan menggunakan sepatu high heels yang terbuat dari bahan kulit yang kaku, untuk meningkatkan rasa nyaman, sebaiknya pilih bahan yang lebih lembut.

Gunakan bantalan alas kaki. Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki yang dapat digunakan. Untuk sepatu high heels, Anda dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon metatarsal yang empuk. Dapat digunakan dengan diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk menyerap guncangan.

Pilih sepatu high heels dengan ujung terbuka. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada ujung-ujung telapak kaki. Hal ini akan sangat membantu untuk Anda yang kerap mengalami gangguan pada kaki berupa penonjolan di pangkal ibu jari atau kelingking jari kaki.

Perhatikan derajat kemiringan sepatu high heels. Sepatu yang memiliki hak sekitar 10 cm kemungkinan akan menukik tajam ke bawah, namun ada pula yang memiliki kemiringan yang bertahap. Sebaiknya pilih jenis yang kedua, untuk meminimalisir rasa nyeri pada bantalan telapak kaki yang terletak di bagian bawah ibu jari kaki.

Minimalisir penggunaan sepatu high heels. Menggunakan sepatu dengan hak yang lebih rendah, membuat posisi kaki semakin mendekati alami. Ahli menyarankan, penggunaan hak sepatu tidak melebihi 5 cm dengan waktu pemakaian yang tidak berlebihan.

Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan, namun sebaiknya hindari menggunakannya terlalu lama karena memiliki risiko kesehatan. Jika perlu, konsultasi dengan dokter atau ahli podiatri untuk informasi lebih lanjut.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top