banner-1

Hukrim

Woou..! Panwas Manggala Temukan KPPS Kelurahan Bangkala Bongkar Kotak Perolehan Suara

Pembongkaran Kotak perolehan suara Keluarahan Bangkala Kecamatan Manggala

Makassar, metrotimur.com – Panwas berhasil mengagalkan pembongkaran kotak suara Pilwalkot Makassar dan Pilgub Sulsel di Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala.

Dari 22 kotak suara yang sudah tersegel KPU usai perhitungan di TPS, sekitar pukul 19.30 wita rabu malam (27/6/18) sebanyak 8 kotak suara yang tersegel, berhasil dibuka oleh sejumlah petugas KPPS disaksikan oleh Ketua PPS, Sekretaris Lurah dan Lurah Bangkala serta petugas PPL.

Menurut Ketua Panwascam Manggala, Ince Muh. Sain, setelah kotak suara dari TPS kemudian dipindahkan ke Kantor Lurah, secara peraturan tidak bisa lagi di bongkar atau dibuka sebelum sampai ditingkat Kecamatan.

“Prinsipnya kotak suara yang sudah disegel dari TPS tidak bisa diganggu apalagi dibuka, kalaupun bisa dibuka, nanti saat rekap di Kecamatan, itu aturannya, ” tegas Ince, rabu malam (27/6/18).

Menurut Ince, PPS itu sifatnya hanya tempat persinggahan kotak suara, diluar rekap seluruh kotak suara apakah kotaknya sudah berisi sesuai aturannya atau ada kekeliruan, pada ikuya tidak bisa dibuka.

“Jadi mau isinya sudah benar atau tidak, intinya tidak bisa dibuka ditingkat kelurahan, karena Kelurahan bukan tempat rekapitulasi, tempatnya di PPK, ” kata Ince.

Terkait langkah tegas Panwas Kota Makassar, pihaknya akan menindaklanjuti dengan melakukan pendalaman dan mengumpulkan bukti – bukti, sebagai langkah hukum.

“Jadi saat ini kami belum bisa menyampaikan hasilnya secara terbuka, tentu kami perlu mempelajari lebih dalam lagi dan tentunya mengumpulkan bukti – bukti, ” kata Ince.

Dari keterangan Ketua PPS Kelurahan Bangkala, Nasruni beralasan, bahwa sejumlah KPPS telah salah memasukkan berkas, seperti ikut memasukkan berkas berita acara yang tidak semestinya berada didalam kotak suara.

“KPPS salah memasukkan berkas, saat saya tanyakan berkas berita acaranya dimana, sebagian KPPS baru sadar kalau berkas itu harusnya tidak ikut masuk kedalam kotak suara, ” kata Nasrun.

Baca juga :  Pelaku Pembegalan Pengawas Kebersihan Bangkala Dibekuk Oleh Pihak Kepolisian

Saat dikonfirmasi siapa yang mengarahkan membuka segel dan membuka kotak perolehan suara, Nasruni mengatakan, bahwa para KPPS sendiri yang berinisiatif untuk membukanya, kata Nasruni.

Sebagai langkah tegas awal kami dengan adanya pembongkaran segel kotak suara, kami dari panwas memerintahkan kepada PPS Bangkala untuk memberhentikan pembongkaran segel Kotak Suara dan tidak membuat kegiatan tambahan dan segera membawa kotak suara tersebut ke Kantor Kecamatan Manggala.(Ri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top